Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Pastikan Kebebasan Ikuti Pameran

Kompas.com - 27/05/2015, 20:27 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan tidak pernah melarang para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) anggotanya untuk ikut pameran lain. Hal ini menyangkut kecurigaan adanya praktik kartel dari oknum beberapa ATPM yang melarang dilernya ikut salah satu pameran otomotif nasional.


"Setahu saya, nggak ada larangan dari Gaikindo (bagi anggotanya) untuk ikut pameran manapun. Gaikindo menyerahkan sepenuhnya pada masing-masing ATPM," jelas Rizwan Alamsjah, Ketua IV Gaikindo Rizwan Alamsjah kepada KompasOtomotif, Rabu (27/5/2015).

Tanggapan ini diperoleh setelah pecah adanya indikasi dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menerima pengaduan dari pihak yang dirahasikan identitasnya tentang dugaan adanya pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Praktik ini dianggap melanggar regulasi yang berlaku dan menodai persaingan bisnis yang sehat.

”Jadi tadi pelapor melakukan tukar pikiran, mendeskripsikan permasalahan, dan mencari ketegasan apakah ini melanggar persaingan usaha atau bukan. Nanti bagian pelaporan akan mempelajari dan menginvestigasi jika pelaporan resmi sudah masuk,” ujar Mohammad Reza, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerjasama KPPU.

IIMS

Di sisi lain, Rizwan Alamsjah yang juga menjabat sebagai Direktur Pemasaran Eksekutif PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menambahkan, pihak Mitsubishi semula berencana menjadi salah satu peserta pameran di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Semula, Mitsubishi mendorong salah satu dilernya untuk jadi peserta, tetapi batal.

"Sebenarnya sudah lama dipertimbangkan mau ikut (IIMS), tapi ternyata tidak jadi karena bujet mahal banget. Jadi, hanya bisa ikut satu pameran saja, praktis karena bujet," ujar Rizwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com