Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Federal Bangun Pabrik Oli Baru di Cilegon

Kompas.com - 27/05/2015, 15:54 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Federal Karyatama melakukan pemancangan tiang pertama untuk pembangunan pabrik Lube Oil Blending Plant (LOBP) di Krakatau Indutrial Estate Cilegon (KIEC), Banten, Rabu (27/5/2015). Pabrik ini rencananya akan mulai beroperasi awal 2017 mendatang, menelan investasi sekitar Rp 400 miliar.

Acara pembangunan pertama ini dihadiri Kepala BKPM Provinsi Banten Ranta Soeharta, Kepala BPMPT Cilegon Ditha Prawira, Pimpinan PT Wokatuba Indonesia Saebani, dan jajaran direksi Krakatau Industrial Estate Cilegon yang diwakili Wisnu Kuncoro dan Priyo.

Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur Federal Karyatama mengatakan, melihat perkembangan dunia otomotif dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih potensial di masa depan. Selain itu, kapasitas pabrik pertama di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur sudah menyentuh kapasitas maksimumnya.

“Industri pelumas akan terus tumbuh, karena itu Federal berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan tanah air. Melalui pembangunan pabrik ini dengan kapasitas dan fasilitas akan lebih memadai dari yang ada sebelumnya,” ucap Patrick dalam keterangan resminya, Rabu (27/5/2015).

Fasilitas ini dibangun di atas lahan seluas 2 hektar dengan konsep modern. Beberapa fasilitas yang dilengkapi, antara lain proses blending dan filling menggunakan robot, dengan konsep ‘Green Industry’ yaitu mengedepankan aspek ramah lingkungan.

“Nantinya pabrik pelumas ini ditargetkan mampu menghasilkan 100 juta liter pelumas per tahun dan diharapkan pengerjaan pembangunan selesai dan beroperasi dalam tempo 20 bulan dari sekarang”, ujar Direktur Pabrik PT Federal Karyatama, Ari Sutanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com