Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Fortuner Tertangkap Kamera Saat Sedang Diuji

Kompas.com - 27/05/2015, 15:17 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif — Generasi terbaru dari platform Innovative/International Multipurpose Vehicle (IMV) milik Toyota benar-benar sedang tebar pesona. Dimulai dengan Hilux Revo yang lahir lebih dulu, Toyota kemudian melanjutkannya dengan Innova, dan kini giliran Fortuner yang tertangkap kamera saat sedang diuji.

IMV adalah platform dasar yang dipakai oleh Hilux, Fortuner, dan Toyota. Untuk itu, tak mengherankan bila ketiganya dilansir oleh produsen asal Jepang tersebut dalam waktu yang berdekatan.

Seperti dilansir Indianautosblog, Rabu (27/5/2015), Fortuner 2016 sedang diuji di Chiang Mai, Thailand. Sport utility vehicle (SUV) Toyota itu masih ditutup selubung dan diuji bersamaan dengan Isuzu MU-X. Kemungkinannya, MU-X sedang dijadikan perbandingan oleh Toyota.

Indianautosblog Toyota Fortuner 2016
New Fortuner akan menggunakan sasis yang sama dengan New Hilux Revo, yakni Frame with Integrated Rigidity Mechanism (FIRM). Toyota mengklaim, sasis baru ini akan lebih rigid dan memberikan pengendalian yang lebih baik dibanding model sebelumnya, serta membantu rasa berkendara yang lebih nyaman.

Adapun mesinnya mirip dengan yang dipakaikan pada Hilux Revo, yakni mesin diesel berkode GD. Pilihan paling standar memakai mesin 2,4 liter dengan daya 150 tk, sementara yang tertinggi berkapasitas 2,8 liter dengan daya 177 tk. Mesin terhubung dengan transmisi manual enam percepatan dan transmisi otomatis, dengan kapabilitas penggerak dua roda dan empat roda. Tak ada informasi teknis mengenai mesin bensin.

Belum ada bocoran pula mengenai sektor interior dari Fortuner 2016 ini. Menurut rumor yang beredar, Toyota akan memberikan perubahan revolusioner untuk mendapatkan kabin yang lebih mewah, terinspirasi dari interior milik Corolla Altis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com