Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda BeAT untuk Filipina Murni Pakai Komponen Indonesia

Kompas.com - 26/05/2015, 18:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bekasi, KompasOtomotif - All-New Honda BeAT yang diekspor ke Filipina oleh PT Astra Honda Motor (AHM) bisa dikatakan sebagai produk buatan anak bangsa. Hal itu ditandai dengan tingginya kandungan komponen lokal, mencapai 98,8 persen.

Hal ini mencerminkan besarnya kemampuan produsen suku cadang di dalam negeri dalam memproduksi komponen berkualitas yang dibutuhkan AHM. Tercatat 86 perusahaan dalam negeri binaan AHM yang terlibat dalam produksi model skutik terlaris di dunia itu.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan, kandungan lokal tinggi itu berkat dukungan perusahaan komponen lokal yang berdaya saing tinggi, dari segi produk dan harga.

"Komponen All-New Beat 98,8 persen lokal terdiri dari 423 komponen. Dalam proses produksi, ada 86 perusaahaan komponen lokal binaan Astra yang terlibat," ujar Loman saat seremonial ekspor di Pabrik AHM, Cikarang, Bekasi, Selasa (26/5/2015).

Dirinya menambahkan, untuk memproduksi sepeda motor yang berkualitas dan punya daya saing di pasar ekspor, AHM saat ini didukung oleh 1.180 produsen komponen lokal, melibatkan lebih dari 76.000 karyawan. Semua mampu memenuhi standar tinggi yang ditetapkan perusahaan.

"Secara tidak langsung, ekspor Honda BeAT ini akan menciptakan multiplier effect yang positif di rantai bisnis kami, terutama di kalangan produsen komponen. Kami berkeyakinan, kegiatan ekspor ini akan mendorong meningkatnya pergerakan roda industri di sisi hulu industri otomotif, dan tentu menaikkan devisa negara," ujar Loman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com