Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diam-diam Suzuki Siapkan APV "Airbag"

Kompas.com - 26/05/2015, 17:01 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 masih mengandalkan APV sebagai salah satu mobil penumpang yang menjadi andalan. Ada dua model APV yang ditawarkan yakni APV Arena dan APV New Luxury.

Dibanding MPV andalan Suzuki lainnya, Ertiga, model APV memang tidak memiliki fitur keamanan kantung udara (airbag). APV Arena hanya memiliki fitur keselamatan seperti struktur kerangka TECT (Total Effective Control Technology) bodi yaitu fitur keamanan yang berfungsi mengalihkan energi benturan. Serta dilengkapi Monocogue Body dengan Ladder Frame terpadu yang kokoh, ringan sekaligus aman saat terjadi benturan.

Selain itu juga dilengkapi Side Impact Beams pada bagian dalam pintu, yang berfungsi  mengantisipasi dan mencegah engsel pintu terkunci saat terjadi benturan samping. Serta sabuk pengaman/ Seat Belt ELR (Emergency Lock Retractor).

Namun ternyata, Suzuki sedang menyiapkan fitur airbag buat APV. Seperti tercantum pada Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT-Online) Kementerian Perindustrian, SIS mendaftarkan APV transmisi manual dengan fitur airbag.

Belum diketahui apakah fitur airbag ini akan tersedia di semua model dan varian APV, baik Arena ataupun New Luxury. Kubu SIS juga belum menjawab pertanyaan KompasOtomotif terkait APV airbag ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com