Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Fiat-Chrysler Coba "Pinang" Bos Cantik GM via E-mail

Kompas.com - 26/05/2015, 13:15 WIB
New York, KompasOtomotif - CEO Fiat-Chrysler Automobile (FCA) Sergio Marchionne  mengirimkan e-mail (surat elektronik) kepada CEO General Motors (GM) Marry Barra. Surat tersebut berisikan tawaran merger dari FCA kepada GM.

Marchionne berprinsip bahwa produsen mobil global harus saling bekerja sama dan bergabung bila ingin tetap menguntungkan dalam waktu dekat. Kali ini, Marchionne melayangkan tawarannya kepada GM.

Seperti ditulis The New York Times, Selasa (26/5/2015), pimpinan Fiat-Chrysler itu mengusulkan merger dengan GM melalui email yang ditujukan kepada Barra. Marchionne sudah mengusulkan pertemuan khusus untuk membahas masalah ini, tapi ditolak oleh Barra dan timnya.

NBC News Marry Barra CEO General Motors diberi penghargaan “World’s Most Powerfull Woman in Businees” oleh media Fortune.
Ini bukan pertama kalinya Marchionne mengangkat ide merger. Dia adalah sosok yang mendalangi pernikahan antara Fiat dan Chrysler. Marchionne dilaporkan juga sudah menjajaki kemungkinan merger dengan Volkswagen, Peugeot, Ford, dan Opel (unit GM).

Akibat agresif dalam menawarkan merger, FCA disebut sedang mengalami penurunan kinerja. Tapi Marchionne langsung menjawab bahwa kerajaan bisnisnya sedang berada dalam situasi yang baik dan sangat sehat.

Menurut pandangannya, mobil di seluruh dunia perlu menyelaraskan diri menjadi kelompok yang lebih besar untuk mengurangi redundansi dalam investasi, pembangunan dan infrastruktur. Hal itulah yang selama ini disebutnya sebagai pemborosan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com