Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Toyota Pertahankan Dominasi saat Pasar Melemah

Kompas.com - 26/05/2015, 11:04 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Perjuangan keras harus dihadapi para produsen otomotif di 2015 ini, ketika pasar mengalami penurunan yang cukup signifikan. Setidaknya, penjualan merosot sampai 15 persen di awal tahun ini, dibandingkan dengan pencapaian di tahun sebelumnya.

Tapi, saat penurunan penjualan yang dialami oleh hampir semua merek, PT Toyota Astra Motor (TAM) masih mencatat hasil positif. Bulan lalu, total penjualan wholesales Toyota mencapai 30.053 unit dengan memegang pangsa pasar 36,8 persen.

Toyota memilih strategi peningkatan efisiensi dengan tetap meningkatkan pelayanan dan nilai produk. Ini dibuktikan dengan peluncuran produk baru yang tetap dilakukan TAM meskipun pasar turun, guna memberikan nilai tambah lebih kepada konsumen.

Ada lima produk baru yang diluncurkan TAM dalam lima bulan terakhir, baik dalam penambahan fitur, melalui minor change maupun full change, serta menambah varian baru. Produk tersebut antara lain Agya, Rush, Camry, Alphard, dan Vellfire.

"Pelaku industri otomotif menghadapi situasi perekonomian yang kurang mendukung yang terasa sejak akhir tahun 2014. Semua telah berupaya keras agar dampaknya tidak terlalu dalam terhadap prospek industri. Berbagai insentif melalui sejumlah strategi dilakukan agar produk tetap bisa terserap oleh pasar," jelas Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin dalam keterangan persnya yang diterima KompasOtomotif, Selasa (26/5/2015).

Abong, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa, kehadiran produk baru Toyota, merupakan upaya kepada pelanggan agar konsumen tetap merasakan peningkatan nilai tambah dari waktu ke waktu.

“Selain melakukan penyegaran dan penambahan product line-up, kami juga terus melakukan Kaizen (continous improvement) terhadap layanan purna jual yang senantiasa menjadi salah satu fokus utama kami,” ucap Abong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com