Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahal, Baterai Prius Jadi Incaran Maling

Kompas.com - 26/05/2015, 07:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dari laporan kasus pencurian yang terjadi di San Francisco, Amerika Serikat (AS), seperti diberitakan Car Advice, Senin (25/5/2015), baru diketahui ternyata paket baterai mobil hibrida Toyota Prius menjadi incaran maling. Baterai itu dibuat dari bahan nickel metal hydride (NiMH) dan di pasaran harganya mencapai 900 – 1.000 dollar AS (Rp 11 juta – 13 juta).

Salah satu korban, John Nashed, menguraikan kejadian yang ia alami. Katanya, saat kembali ke Prius miliknya setelah ditinggal, dia menemukan jendela penumpang belakang telah pecah dan isi mobil berantakan. Setelah itu diketahui baterai Prius yang diletakan di belakang jok mobil telah hilang.

Car Advice Sistem gerak Toyota Prius.

Setidaknya ada tiga orang mengalami hal yang sama seperti Nashed. Keterangan ini didapat dari laporan serupa ke perusahaan asuransi tempat Prius itu diperbaiki.

Mekanik setempat, Peter Zhang, menduga pekerjaan ini dilakukan profesional, sebab butuh latihan melepaskan baterai dengan cepat dari pegangannya. Selain itu membuka pengikat baterai termasuk memotong berbagai jalur kelistrikan bervoltase tinggi. Sedikit kesalahan bukan tidak mungkin terkena sengatan listrik mencapai 200 volt.

Berikut video ulasan pencurian baterai Prius di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com