Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda MX-5 Jadi Lambang Kecepatan Internet Indonesia

Kompas.com - 25/05/2015, 15:11 WIB
Manila, KompasOtomotif - Internet dan mobil sama-sama identik dengan kecepatan. Hanya yang membedakan bila mobil adalah kecepatan di jalan, sementara internet adalah kecepatan bandwidth (pita frekuensi).

Ukuran kecepatan kendaraan atau mobil yang umum dipakai adalah kilometer per jam (kpj). Sedangkan kecepatan internet adalah megabit per detik (Mbps). Misalnya, kecepatan maksimal Bugatti Veyron yang mencapai 407 kpj, hitungan kecepatan internet di sebuah negara dihitung 82,35 Mbps.

Situs Top Gear Filipina merilis daftar kecepatan internet di negara Asia dengan indikator mobil, Senin (25/5/2015). Negara dengan kecepatan internet paling kencang mendapatkan mobil super. Seperti Singapura dengan kecepatan 122,38 Mbps diibaratkan adalah Bugatti Veyron.

Indonesia berada di urutan 18, atau tiga terbawah dengan mobil Mazda MX-5. Sebenarnya melihat mobil yang diibaratkan sebagai kecepatan internet Indonesia, MX-5 bukanlah mobil yang pelan. Miata (nama lain MX-5), adalah mobil sport 2,0 liter dengan kecepatan maksimal hampir menyentuh angka 200 kpj. Kecepatan internet di Indonesia mencapai 6,73 Mbps.

Sedangkan paling rendah adalah negara Filipina dengan pengibaratan kendaraan tradisional becak motor, dengan kecepatan internet hanya 3,65 Mbps.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com