Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enggak Laku, Mazda2 Tak Dijual di AS

Kompas.com - 25/05/2015, 13:17 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif – Mazda di Amerika Serikat (AS) dipastikan tidak akan menjual generasi terbaru Mazda2 yang sudah dibekali teknolog Skyactiv. Informasi ini disiarkan Automotive News, Minggu (24/5/2015), hasil wawancara dari Senior Vice President Mazda AS Robert Davis.

Keputusan itu diambil setelah kerja sama baru Mazda dan Toyota rampung disepakati. Salah satu kesepakatannya adalah Toyota akan memasarkan versi sedan Mazda2 dengan nama Scion iA produksi pabrik Salamanca, Meksiko. Di pabrik itu hatchback Mazda2 juga diproduksi.

Mazda2 dianggap kurang populer di AS, kalah bersaing dengan Toyota Yaris dan Ford Fiesta. Sepanjang 2014 hanya 1.361 unit yang terdistribusi ke konsumen, sedangkan pada April lalu cuma 21 unit yang terjual.

“Kami bisa saja mendapat angka penjualan yang tidak masuk akal dengan 600 diler bersama biaya pemasaran untuk meluncurkan mobil baru,” kata Davis.

Selain diproduksi di Meksiko, All-New Mazda2 juga dibuat di Thailand untuk pasar Asia termasuk Indonesia. Di Tanah Air All-New Mazda2 telah meluncur pada Indonesia International Motor Show 2014 lalu, salah satu faktor keunggulannya adalah efisiensi bahan bakar.

Dari hasil uji bersama wartawan nasional, All-New Mazda2 sanggup menjelajah Jawa-Lombok hanya dengan menghabiskan satu tangki bahan bakar. Beda seperti pasar lain, sedan All-New Mazda2 tidak dipasarkan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com