Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Nissan All-New Navara yang Bikin Jatuh Cinta

Kompas.com - 25/05/2015, 09:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sabang, KompasOtomotif – Optimisme PT Nissan Motor Indonesia (NMI) terhadap All-New Navara sama berkobarnya seperti ketika meluncurkan All-New X-Trail tahun lalu. Keduanya diklaim lebih banyak keunggulan yang tak dimiliki kompetitor. Target penjualan pun berlipat ganda dibandingkan generasi lama.

Terbukti, X-Ttrail naik daun menggusur Honda CR-V dari data penjualan yang dikeluarkan Gaikindo awal 2015. Sedikit beda dengan Navara, meski target penjualan juga berlipat, namun NMI tak terlalu berambisi menguasai pasar kabin ganda, karena pendulang volume di segmen fleet baru dilakukan.

”Navara ini pikap paling konsisten yang dimiliki Nissan. Sudah generasi ke-12, berawal dari pikap Datsun. Model ini sudah dijual di 200 negara dan dipakai 14 juta pelanggan di dunia,” kata Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran dan Rencana Produk NMI, di Sabang, Nangroe Aceh Darussalam, (20/5/2015).

Serba terbaik

Konsep pada generasi baru adalah smart and tough, atau pintar dan kuat. Hal itu diterjemahkan dari bagian atas mobil yang terkesan smart dengan tampang dan segala fitur canggihnya. Lalu bagian bawah mewakili tough yang punya banyak bekal mengungguli kompetitor.

Budi menegaskan, beberapa fitur hanya dimiliki Navara dibandingkan pikap lain di kelasnya. Misal, kehadiran kamera belakang dan cruise control untuk tipe tertinggi buat konsumen private. Fitur-fitur ini biasanya hanya dipakai pada kendaraan penumpang.

”Namun saat pikap masuk di segmen private, NMI meyakini fitur ini akan mejadi daya tarik tersendiri. Misalnya kamera belakang, karena bodi yang besar, kamera akan sangat membantu saat parkir,” ujar Budi dalam presentasinya.

Tak hanya di segmen private, varian untuk konsumen fleet pun dibekali fitur pembeda. Semua pikap Navara sudah dilengkapi hill start assist dan hill descent control. Keduanya akan membantu pengemudi mengendalikan mobil saat tanjakan atau turunan.

Kantung udara pada dua penumpang depan, sistem rem ABS, EBD, dan BA, hadir di semua varian, membuatnya tampil sebagai pikap dengan standar keamanan paling tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com