Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Nih", Keuntungan Pasang Peredam di Agya

Kompas.com - 24/05/2015, 08:48 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan konsumen soal Toyota Agya yaitu gangguan suara (noise) di kabin, terutama saat berkendara berkecepatan tinggi. Nah dari hasil kumpul bareng alias kopdar komunitas pecinta mobil LCGC ini, Toyota Agya Club (TAC), ketemu salah satu solusinya yakni memasang peredam di bodi.

Terlalu bising di ruang penumpang bisa mengganggu kenyamanan sebab percakapan atau menikmati hiburan tidak bisa maksimal. Menurut Wakil Ketua TAC Lukman Hakim, menggunakan peredam sudah dikerjakan sebagian anggota TAC.

Secara garis besar peredam yang digunakan seperti trik modifikasi sistem hiburan untuk meningkatkan kualitas audio. Ada dua pilihan bahan pada umumnya, yakni aspal atau foam.

Aris F. Harvenda Kabin Toyota Agya.

“Sudah banyak anggota kami yang pakai. Sampai ada yang di atap pula, lalu lantai dan pintu. rekomendasi saya awalnya pasang di pintu dulu,” kata Lukman di Bekasi, Sabtu (23/5/2015).

Meski begitu pemilik mobil mesti paham, menggunakan peredam aspal berarti harus siap menanggung resiko mobil jadi tambah berat. Satu lembar peredam aspal tebal 2mm beratnya 2 kg. Bila satu pintu ditambahkan dua lembar maka bobot mobil bertambah 4 kg, bila dua pintu menjadi 8 kg. 

Tapi jelas Lukman pemilik tak perlu khawatir, bila Agya tambah berat justru menguntungkan. Pasalnya kemampuan berkendara jadi terasa lebih baik. “Resikonya bobot makin berat tapi justru makin stabil, karena bodi Agya cenderung enteng jadi begitu tambah beban makin mantap,” ungkap Lukman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com