Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Ekspor Jadi Penyelamat Yamaha R15

Kompas.com - 22/05/2015, 09:37 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menurunnya penjualan sepeda motor di empat bulan pertama 2015 memengaruhi permintaan domestik sepeda motor sport berjubah 150 cc, Yamaha R15. Seperti kehilangan aura, total penjualan R15 Januari - April lalu tidak lebih besar dari sang rival Honda CBR 150R.

Mohammad Masykur Asisten GM Pemasaran Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengakui bahwa performa R15 mengendur di pasar nasional, tapi ia mengingatkan R15 juga punya pasar ekspor. Sejak R15 meluncur April lalu, YIMM didaulat sebagai basis ekspor untuk Asia.

Pasar ekspor jadi penyelamat saat permintaan melandai. YIMM membeberkan empat bulan pertama 2015 penjualan domestik R15 mencapai 16.616 unit, sedangkan volume ekspor 9.700 unit. Bila dijumlahkan produksi R15 lebih dari 26.000 unit.

“Ekspor jadi membantu. Karena permintaan R15 sedan turun produksinya bisa digeser untuk ekspor,” ujar Masykur di Tangerang Selatan, Rabu (20/5/2015).

Sesuai kordinasi dari Yamaha Motor Company, YIMM akan memenuhi permintaan di berbagai negara. Beberapa negara di Asia Tenggara yang sudah diketahui adalah Thailand, Malaysia, dan Filipina. Sedangkan negara Asia lain adalah Jepang dan China. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com