Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Ojek Merambah Era Digital

Kompas.com - 21/05/2015, 12:53 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Layanan transportasi ojek tak bisa terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari di Ibu Kota. Kondisi jalan yang padat, membuat transportasi sepeda motor ini jadi pilihan andalan, guna mencapai lokasi yang relatif jarak dekat dan menengah. Memasuki tahun ini, ojek yang semula hanya dicap sebagai pekerjaan non-formal mulai merambah ke era digital.

Kini hadir berbagai aplikasi pada ponsel pintar yang dibuat khusus untuk layanan ojek. Aplikasi ini mulai menjamur dan banyak digemari konsumen karena dipercaya lebih aman dan transparan biaya yang dikeluarkan.

Salah satu aplikasi yang ditawarkan adalah GrabTaxi yang semula fokus pada pemesanan taksi, kini mulai merambah ke pengguna ojek, lewat GrabBike. Aplikasi percobaan ini masih dalam versi beta, menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari memesan secara online ojek, pelacakan secara langsung, dan perlindungan asuransi, cukup dengan menekan beberapa tombol di ponsel pintar.

Jakarta merupakan kota ketiga yang mengoperasikan GrabBike, setelah Ho Chi Minh dan Hanoi di Vietnam. Untuk tahap pertama, tempat penjemputan pengguna GrabBike masih terbatas di area Kuningan dan Setiabudi, Jakarta Selatan. Pengantaran dapat dilakukan ke seluruh wilayah Jakarta. Jaringan area penjemputan diharapkan akan terus bertambah dalam minggu-minggu mendatang,

“GrabTaxi memiliki komitmen kuat untuk menciptakan sistem transportasi yang aman dan efisien di Asia Tenggara. Ojek telah menjadi mode transportasi yang sangat populer di Indonesia sehingga hanya tinggal menunggu waktu saja sebelum kami mengubahnya," ujar Cheryl Goh, GrabTaxi Holding Group Vice President of Marketing dalam keterangan resminya, Selasa (19/5/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com