Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renault Perkenalkan SUV Murah Rp 60 Jutaan

Kompas.com - 21/05/2015, 11:10 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Mumbai, KompasOtomotif - Renault berharap sukses menghapirinya sama seperti Nissan dalam memasarkan Datsun, mobil murah di India. Kini, merek asal Perancis itu memperkenalkan produk terbarunya Kwid, sebagai SUV kompak dan banderol murah.

Renault Kwid merupakan kendaraan kompak dengan "tongkrongan" bergaya sport utility vehicle (SUV). Guna menambah nilai tambah, Renault membekali mobil murahnya ini dengan sistem navigasi dan kantung udara pada sisi penumpang.

"Kami berharap mobil ini bisa menjadi pengubah permainan bagia Renault India. India bukan pasar yang mudah, kami terus mempelajari jalan yang tepat," jelas Carlos Ghosn, CEO Renault-Nissan disela peluncuran di Chennai, India, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (20/5/2015).

Kwid terlihat lebih maskulin dengan jarak pijak (ground clearance) tinggi, sampai 180 mm. Posisi duduk di dalam kabin otomatis ikut naik. Overhang (jarak bemper dan roda) depan dan belakang juga pendek. Panjang bodi Kwid mencapai 3,68 meter dan lebar 1,58 meter. Mobil ini diproduksi menggunakan platform Common Modular Family A, milik Nissan dan Renault.

Renault/Autoblog Bentuknya seperti SUV kompak.
Renault Kwid baru mau dipasarkan mulai September tahun ini, dengan banderol mulai 300.000 rupee atau Rp 61,9 juta. Harga ini tak terpaut jauh dari mobil terlaris di India, Maruti Suzuki Alto yang dibanderol 246.163 rupee (Rp 50,8 juta).

Ghosn berharap Kwid sebagai model termurah bisa mendongkrak kinerja penjualan Renault di India. Perusahaan menargetkan pengusaan pangsa pasar sampai 5 persen sampai akhir 2016 dari posisi tahun fiskal sebelumnya, hanya 1,7 persen.


Renault/Autoblog Meski mobil murah, dilengkapi sistem navigasi dan kantong udara tunggal.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com