Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjudian Nissan di Segmen "Pembelian Borongan"

Kompas.com - 21/05/2015, 08:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sabang, KompasOtomotif – Tahun ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memutuskan masuk di segmen fleet (pembelian borongan) pikap kabin ganda untuk pertama kalinya. Meski masih prematur, namun niatan itu tak dilakukan setengah hati, bahkan di tengah kondisi perekonomian yang sedang sakit.

GM Strategi Pemasaran dan Rencana Produk NMI Budi Nur Mukmin di sela Ekspedisi Tanah Rencong, di Sabang, Nangroe Aceh Darussalam, (20/5/2015), mengakui bahwa kondisi perekomian sangat mempengaruhi pasar kendaraan komersial, termasuk pikap kabin ganda. Namun hal ini tidak menjadi halangan NMI melangkah.

”Bukan berarti Nissan tidak boleh memulai dari sekarang. Kalau kami menunggu sampai perkonomian bangkit, pasti sudah terlambat. Kami sadar kondisi (pasar) sedang lesu, namun ada harapan besar kami menikmatinya saat kondisi sudah membaik kelak,” kata Budi kepada KompasOtomotif.

Budi meyakini, sukses Navara di segmen private (perorangan) akan menular ke segmen fleet. Selama ini, menurut klaim Budi, Navara menjadi pikap kabin ganda terlaris kedua di Indonesia untuk konsumen perorangan. Tampangnya yang ganteng sangat digemari pengguna, khususnya di kota besar.

Saat ini, NMI tengah melakukan penjajakan dengan berbagai konsumen fleet. Bahkan ada perusahaan besar yang akan memesan dengan jumlah cukup besar. Budi memperkirakan, proses dealing dengan berbagai perusahaan ini akan memakan waktu cukup lama, sekitar tiga hingga enam bulan.

Segmen fleet memang akan menjadi nafas panjang Nissan All-New Navara. Dari target tahunan 1.500 unit, dua per tiganya adalah kontribusi fleet, sisanya konsumen pribadi. Di pasar pikap kabin ganda secara nasional sendiri, dari 15.000-an unit setahun, 13.000-an di antaranya disumbang segmen fleet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com