Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harmonisasi antara Suzuki Satria dan Pebalap Muda

Kompas.com - 18/05/2015, 14:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih sangat percaya, bahwa spesifikasi Suzuki Satria sangat cocok untuk digeber dalam kompetisi dan mencetak pebalap muda. Inilah alasan Suzuki Indonesia Challenge-Satria Cup (SIC-SC) kembali digelar tahun ini, membuka jalan para bintang balap masa depan untuk meniti karir.

Tingginya antusiasme pebalap pada ajag SIC-SC sebelumnya menjadi salah satu alasan penyelenggaraan tahun kedua ini diadakan dengan periode lebih panjang dan memiliki jumlah putaran lebih banyak.

Kompetisi diadakan pada rentang Mei-Desember 2015, menggunakan format balap dan regulasi baru untuk menghadirkan kompetisi yang lebih menantang dan menarik ditonton.

Dua tahap

SIC season 2 dibagi dalam dua tahap, yakni Qualification Stage dan Final Stage. Qualification Stage akan diadakan sembilan kali di sirkuit yang berbeda-beda dan dibagi ke dalam empat region (Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi), Mei-November 2015.

Pada tahap ini jumlah peserta ditargetkan mencapai 720 pebalap muda. 45 juara dari seluruh event akan bertanding kembali untuk menentukan enam pembalap muda terbaik di Final Stage pada Desember 2015.

Dalam ajang ini juga terdapat penambahan kelas baru dan pembagian kategori usia serta lama pengalaman balap. Kelas balap dibagi menjadi dua, yaitu kelas Satria Cup menggunakan 20 unit Suzuki Satria FU150 dan kelas Young Star Cup menggunakan 20 unit Suzuki Satria F115 Young Star.

Seluruh sepeda motor disediakan oleh SIS dengan spesifikasi khusus balap dan dijamin keseragamannya.

Syarat

Persyaratan bagi pembalap  muda untuk menjadi peserta Satria Cup adalah berusia 14 hingga 20 tahun, telah memiliki Kartu Izin Start (KIS) dan memiliki pengalaman balap minimal dua tahun.

Sedangkan persyaratan bagi peserta Young Star Cup adalah berusia di bawah 14 tahun, memiliki KIS dan memiliki pengalaman balap kurang dari dua tahun.

Motoo Murakami, Managing Director 2W SIS mengatakan bahwa, sama seperti musim sebelumnya, pemenang Satria Cup akan berkesempatan naik kelas menuju Asia Road Racing Championship, dan pemenang Young Star Cup berkesempatan diundang menyaksikan balap ARRC dan MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com