Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen China Pasok Mobil Listrik dari Malaysia

Kompas.com - 18/05/2015, 12:50 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


Beijing, KompasOtomotif - Produsen mobil asal China, Beijing Auto International Corporation (BAIC) memilih Malaysia sebagai lokasi investasi baru termasuk menyiapkan basis produksi mobil listriknya. Ke depan, BAIC akan mengekspor mobil listrik dari Malaysia ke seluruh negara di Asia Tenggara, termasuk ke Indonesia.

Dilansir kantor berita Bernama, seperti dikutip dari Paultan, Jumat (15/5/2015) melaporkan, BAIC telah menandatangani kerja sama dengan mitra lokal Malaysia, Amber Dual Sdn Bhd di pabrik Beijing, China, Kamis (14/5/2015).

Produksi perdana BAIC di Malaysia akan bergulir mulai Juli 2016, dengan rencana pembangunan pabrik perakitan di Gurun, Kedah, Malaysia. Amber Dual Sdn Bhd merupakan salah satu perusahaan publik di Malaysia yang terdaftar sejak Agustus 2014. Perusahaan ini dipimpin oleh dua pimpinan, Lina Faridah binti Herman dan Muhamad Syariyal bin Herman, yang masing-masing memegang 50 persen saham perusahaan.

"Kedah memiliki industri otomotif yang cepat berkembang dan terus memperbarui teknologinya. Sekarang, dengan kehadiran BAIC, situasinya akan lebih mendorong negara bagian ini sebagai salah satu basis industri otomotif," jelas Menteri Kepala Kedah Datuk Seri Mukhriz Tun Dr Mahathir, yang hadir dalam penandatanganan kerja sama.

Mukhriz melanjutkan, kalau Amber Dual akan mampu menembus pasar negara-negara ASEAN yang potensi pasar mencapai 550 juta orang, bersama mitra BAIC. "Dengan pabrik di Gurun, akan berkontribusi pada pertumbuhan Kedah. Karena mobil listrik merupakan teknologi terbaru (di dunia otomotif), kami berharap akan ada perusahaan pemasok yang juga ikut masuk ke bisnis ini," ucaap Mukhriz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com