Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Garap GT86 Varian "Murah"

Kompas.com - 17/05/2015, 10:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif
 - Kabar kelahiran model sport kompak di bawah GT86 kini makin santer terendus. Dari informasi sumber di Jepang seperti diberitakan Motoring, Jumat (15/5/2015), model itu berupa kupe 2-pintu berpenggerak roda belakang yang hingga kini masih disebut dengan nama kode 69DZ. 


Model 69DZ disebut menggendong mesin 1.5L 2NR-FKE milik Corolla. Tenaga 130 tk dan bobot 980 kg menjadi dua modal kelincahannya di aspal. Tersedia dua pilihan transmisi, manual dan matik. 

Menariknya lagi, Toyota mengajak mantan pebalap World Rally Championship Tommi Makinen untuk menggarap setting performa 69DZ. Belakangan ini Makinen kerap terlibat pengembangan mobil Toyota, salah satu kreasinya menghasilkan GT86 all-wheel drive spek balap Gazoo Racing. 

Toyota/Autoblog Bagian belakang lebih sedikit ubahannya.

Toyota Sports 800 

Desain 69DZ merepresentasikan DNA mobil sport pertama Toyota, Sports 800, yang diproduksi 1965. Namun sentuhan akhir "dibungkus" model yang punya nuansa "Valentine", 86 Style Cb. 

86 Style Cb pernah diperkenalkan Februari lalu dalam wujud digital, basisnya menggunakan basis GT86 tapi punya nuansa cool beauty (Cb). Kelihatannya 69DZ akan memiliki lampu depan bulat, lekuk unik di kap mesin, dan overhang lebih pendek di depan dan belakang yang mewakili karakter 86 Style Cb. 

Posisi 69DZ didaulat sebagai "adik" GT86 yang dijual sekitar 20.000 dollar AS atau Rp 260 jutaan. Bisa jadi 69DZ bakal head to head bersama generasi terkini Mazda MX-5. 

"Para desainer sudah memiliki prototipe final yang mungkin sangat bagus untuk diproduksi," kata sumber. Meski belum ada konfirmasi resmi, model produksi 69DZ dikatakan dijual awal 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com