Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem "Keyless Entry" Rentan Dijebol Maling

Kompas.com - 14/05/2015, 10:28 WIB
London, KompasOtomotif - Teknologi terdepan sudah banyak diusung produsen mobil dunia untuk menghasilkan kendaraan dengan tingkat kenyamanan kelas tinggi. Salah satu fitur yang mempermudah pengendara adalah keyless entry.

Dengan teknologi keyless entry, pengemudi tinggal mengantongi kunci di kantong atau tas, pintu bisa langsung dibuka saat sensor membaca kunci sudah berada di dekat kendaraan. Sangat mudah dan nyaman bukan bila punya fitur seperti ini.

Tapi ternyata fitur tersebut memiliki kerentanan yang pokok. Pasalnya banyak perangkat bermunculan di internet yang menawarkan kemampuan untuk mengeksploitasi kelemahan sistem keamanan keyless entry. Ini memungkinkan pencuri mendapatkan akses masuk ke kendaraan.

Pihak Kepolisian Inggris sudah memperingatkan bahwa banyak "perangkat misteri" yang dapat digunakan untuk membuka mobil dengan fitur keyless entry. Mereka bisa mendapatkan akses masuk ke kabin, dan kemungkinan terburuknya adalah menghidupkan mesin mobil dengan mudah.

Banyak diskusi dan saran yang diberikan untuk menangkis kemungkinan tersebut. Contoh yang paling umum adalah tetap memanfaatkan prosedur lock/unlock, saat membuka atau menutup mobil. Para produsen juga diharapkan bisa menambah sistem keamanan pada setiap kendaraan apalagi yang sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti keyless entry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber inautonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com