Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Baru Volkswagen untuk Audi dan Bentley

Kompas.com - 11/05/2015, 11:49 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif - Mobil-mobil kelas tertinggi untuk merek yang bernaung di bawah bendera Volkswagen AG mendapatkan jantung pacu baru, W12 (12-silinder) 6.0L, yang didesain bisa digunakan lintas platform. Kemungkinan mesin baru ini akan menjadi sumber tenaga terbesar buat Audi, Bentley, dan Volkswagen.

Kemampuan standar mesin itu 600 tk, menyungkil tenaga maksimal pada 6.000 rpm dibantu dua twin-scroll turbocharger. Sedangkan torsi 663 lb-ft bisa didapat di rentang 1.500 – 4.500 rpm, tergantung setingan masing-masing pasar. Volkswagen AG menjelaskan, di model manapun mesin ini akan sanggup berakselerasi 0-100 kpj di bawah empat detik.

Mesin memiliki teknologi injeksi bahan bakar terbaru yang dibuat dari kombinasi komponen milik FSI Direct-Injection milik Audi dan TMPI multi-point injection system buatan Bentley. Karena bobot terlalu besar, mesin punya sistem suspensi yang dilengkapi peredam hidrolik berbahan elektromagnetik untuk menahan getaran.

W12 6.0L diklaim menghasilkan emisi kurang dari 250 g CO2 per kilometer, jumlah itu tergolong ramah lingkungan mengingat besarnya kapasitas mesin. Mesin ini mengakomodasi EURO6. Efisiensi bahan bakar tentu bukan hal yang bisa dibanggakan namun penggunaannya didukung sistem nyala mesin start/stop, dan sistem yang mengistirahatkan silinder bila tidak dibutuhkan. Artinya mesin bisa bekerja hanya dengan enam silinder.

Carscoops Nama SUV Bentley itu Bentayga?

Volkswagen AG tidak menerangkan kapan model pertama bermesin W12 6.0L bakal menyentuh pasar, namun kemungkinan mesin ini bakal digunakan pada model SUV Bentley Bentayga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com