Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Pasang ”Daytime Running Lights”, Murah dan Mudah

Kompas.com - 09/05/2015, 19:49 WIB

Jakarta, KompasOtomotifDaytime running lights (DRL) atau kerap disebut ”lampu siang” semakin menjadi tren. Banyak produsen yang menjadikan fitur ini sebagai peranti standar pada model-model terbaru, membuat DRL aftermarket semakin banyak dicari untuk dipasang sendiri.

Dari pantauan KompasOtomotif di Otobursa Tumplek Blek 2015, yang diselenggarakan pada 9-10 Mei 2015, hampir semua lapak lampu menawarkan DRL. Harganya bervariasi, mulai dari yang termurah Rp 75 ribu hingga jutaan rupiah, bergantung spesifikasi dan merek.

”Semakin banyak orang yang malah nggak jadi pasang lampu HID, tapi lebih pilih DRL. Selain lebih murah, ini sekarang sudah jadi tren di mobil-mobil sekarang,” kata Hartono, salah satu pramuniaga Samudra Motor di lapak Otobursa, Senayan, Jakarta Selatan, (9/5/2015).

Tokonya pun menjadikan DRL sebagai salah satu barang dagangan yang diandalkan. Biasanya, lapak yang punya outlet di pasar mobil Kemayoran itu bisa menjual lebih dari 10 DRL setiap harinya. Jika ditambah dengan pesanan online, bisa lebih dari 30 unit per hari.

Lapak lampu lain di Otobursa, Mega Jaya, juga mengandalkan DRL sebagai dagangan utama selain lampu depan HID atau lampu kombinasi LED. Harganya yang murah didukung dengan pemasangan yang mudah, membuat semakin banyak orang mencari.

”Tinggal tempel dan sambung kabelnya dengan kelistrikan mobil. Aman, karena dipasangnya rapi. Kalau yang agak mahalan ada soket khusus yang membuatnya tambah aman lagi,” kata Cahyadi, pemilik lapak Mega Jaya kepada KompasOtomotif.

Diyakini, pemasangan DRL aftermarket ini masih akan menjadi tren dalam beberapa waktu akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com