Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancaman Aprilia MotoGP dengan Girboks ”Seamless”

Kompas.com - 08/05/2015, 07:30 WIB

Jerez, KompasOtomotif – Setelah berjibaku dengan teknologi lama Tim Aprilia MotoGP mulai mencoba girboks baru dengan teknologi seamless dalam tes resmi di Jerez, (4/5/2015). Kesannya? Sangat positif! Bautista berhasil meraih waktu tercepat ke-11, atau mulai beranjak dari level bawah.

Berdasarkan pengakuan Alvaro Bautista, salah satu pebalap Aprilia MotoGP musim ini, ”rasa” dari girboks seamless untuk gigi naik dan turun hasil pengembangan Aprilia itu tak jauh dari setelan standar Honda yang ditungganginya selama dua musim lalu.

”Saya senang dengan feeling pertama. Untuk pengurangan gigi harus diperbaiki lagi, kalau dibandingkan dengan Honda yang lebih mudah untuk menghentikan sepeda motor karena engine brake. Namun untuk penambahan gigi, sangat mirip (dengan Honda),” kata Bautista seperti dilansir Crash.net (5/5/2015).

Bautista juga memberi kiasan, kalau nilai untuk girboks baru ini ada di kisaran 7-8 dari 10 untuk yang paling sempurna. Ini membuat dirinya dan tim akan berada di ritme yang bagus, terutama saat ban sudah mulai menipis, sehingga sepeda motor lebih stabil saat memindah gigi.

Tidak dalam waktu dekat
Manajer Aprilia Racing Romano Albesiano berharap, girboks baru ini bisa melakukan debut dalam dua atau tiga seri berikutnya. ”Dari sekarang, kami akan bekerja sangat keras untuk membuat girboks siap secepat mungkin. Tapi saya pikir tidak akan sebelum Mugello (akhir Mei),” kata Albesiano.

Saat Bautista bergumul dengan girboks, rekan setimnya Marco Melandri mencoba sasis dan lengan ayun baru untuk Aprilia RS-GP yang berevolusi sangat cepat.

Aprilia dan Suzuki adalah tim pabrikan yang kembali ke MotoGP musim ini. Mereka juga menjadi tim pabrikan  yang membalap tanpa girboks seamless. Suzuki juga sedang mengembangkan versinya sendiri, rumornya akan dipakai balapan pada Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com