Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kelebihan Karimun Wagon R AGS

Kompas.com - 07/05/2015, 08:46 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Fitur Auto Gear Shift (AGS) bakal tersedia di semua varian Karimun Wagon R kecuali untuk tipe terbawah. Harga varian baru ini lebih mahal Rp 8 juta dibanding versi manual yang sudah hadir sejak dua tahun lalu. Lantas apa saja yang bisa didapat konsumen kalau memilih versi AGS?

Keuntungan pertama, perbedaan harga transmisi otomatis Wagon R dibanding manual masih lebih murah ketimbang merek “mobil murah” lain, yang terpaut di atas Rp 10 juta. Hal ini bisa jadi salah satu pertimbangan sebelum memilih “mobil murah” bertransmisi otomatis.

Menjual tipe transmisi otomatis lebih murah dibanding kompetitor diakui jadi strategi SIS untuk bersaing. Terobosan menawarkan teknologi Automated-Manual Transmission (AMT) versi Suzuki yang disebut AGS ini untuk pertama kalinya dilakukan di segmen LCGC.

Irit

SIS mengklaim AGS lebih efektif memanfaatkan tenaga dibanding jenis transmisi otomatis lainnya. Ricky Patrayudha, Assistant Dept. Head Aftersales SIS, menjelaskan dengan AGS seluruh kemampuan tenaga mobil bisa digunakan sampai kadar 93-97 persen. Persentase ini bisa sebanding dengan manual (97 persen) dan lebih tinggi dari transmisi matik (86 persen) dan CVT (88 persen).


Febri Ardani Saragih/KompasOtomotif Suzuki Karimun Wagon R Auto Gear Shift

“Hasil itu didapat dari tes satu mesin menggunakan transmisi yang berbeda. Bahkan di beberapa kasus AMT jauh lebih irit dari otomatis karena perpindahan gigi disesuaikan dengan torsi maksimum. Teorinya lebih efisien bahan bakar,” terang Ricky.

Mengacu data BTMP (Balai Termodinamika, Mekanika, dan Propulsi) SIS mengklaim efisiensi bahan bakar Karimun Wagon R AGS mencapai 21,58 kpl, lebih irit dibanding manual 21,08 kpl.

Beli satu dapat dua

Pada dasarnya AGS pada Wagon R adalah transmisi manual 5-percepatan yang dioperasikan secara otomatis. Deputy Managing Director R4 SIS Davy J Tuilan mengatakan, konsumen seperti mendapat dua tipe transmisi, manual dan otomatis. “Buy one get two,” kata Davy.

Sementara itu Marketing Director 4W SIS Makmur memaparkan, konsumen bakal merasakan hal emosional. “Kalau punya manual atau matik itu biasa, AGS baru luar biasa dan kelasnya level mobil mewah,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com