Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Lemah, Auto2000 Tetap Tambah "Dealer"

Kompas.com - 06/05/2015, 17:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar otomotif yang melemah di awal 2015 tak membuat Auto2000 goyah. Dealer utama mobil Toyota di Indonesia itu mengaku tetap on track untuk pengembangan, termasuk menambah jaringan hingga akhir tahun.

Menurut CEO Auto2000 Suparno Djasmin, (6/5/2015), investasi akan ditambah untuk memenuhi target dealer tahun ini. Pria yang akrab disapa Abong itu mengungkapkan, Auto2000 kini sudah mempunyai 81 outlet di seluruh Indonesia. Jumlah itu akan bertambah lima lagi sampai akhir tahun ini.

”Kalau dealer Toyota secara keseluruhan akan bertambah 10 outlet, tapi Auto2000 sekitar lima dealer. Rencana ini sudah dicanangkan jauh hari. Jadi bukan lantas karena awal tahun ini melemah, lalu tidak ada penambahan dealer. Investasi ini untuk jangka panjang,” kata Abong.

Nilai investasinya, lanjut Abong, sangat bervariasi tergantung lokasi dan besar dealer. Namun dirinya menggambarkan, nilainya berkisar antara 40-50 miliar per satu dealer. Nilainya bisa bertambah hingga 80 miliar jika lokasinya sangat strategis.

Pasar

Diharapkan, penambahan dealer akan mempertahankan eksistensi Toyota di masyarakat setelah kondisi perekonomian di awal tahun sangat tidak diduga oleh pelaku otomotif.

”Dua bulan pertama pasar anjlok 15 persen, padahal tahun lalu pertumbuhannya sangat baik hingga Desember. Ibarat orang menari, tahu-tahu panggungnya ambruk. Tahun ini mungkin akan flat, sama dengan tahun lalu. Maret membaik, April masih menunggu angka persisnya, tapi prediksi saya makin baik,” ucap Abong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com