Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagon R Pakai Transmisi Manual-Otomatis, Ini Cara Kerjanya

Kompas.com - 06/05/2015, 09:33 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Karimun Wagon R dengan transmisi otomatis akhirnya diperkenalkan pertama kali di hadapan jurnalis Indonesia, Rabu (6/5/2015). PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 menyebut transmisi ini Auto Gear Shift (AGS), promosinya di sokong slogan "Bisa Matic, Bisa Manual".

SIS mengatakan, AGS gabungan dua tipe transmisi, manual dan otomatis. Penggunaannya diklaim lebih praktis dan mendukung kenyamanan berkendara terutama saat menghadapi kemacetan perkotaan.

Beda seperti transmisi otomatis pada umumnya, AGS tidak punya pilihan posisi tuas "P" (Park). Mobil bisa berjalan saat tuas berada di posisi "D" (Drive) dan pengemudi bisa memindahkannya ke posisi "M" (manual) untuk pengaturan gigi sesuai keinginan.


Febri Ardani Saragih/KompasOtomotif Suzuki Karimun Wagon R Auto Gear Shift

Donny Saputra, Head of 4W Product Development SIS menjelaskan AGS dilengkapi akuator hidrolik elektronik yang mengoperasikan perpindahan gigi secara otomatis dengan transmisi manual 5-percepatan. Jadi bisa dikatakan AGS adalah transmisi manual yang dioperasikan secara otomatis. AGS tersedia di semua varian Karimun Wagon R.

"AGS bekerja dengan mengintegrasikan akuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul untuk mengontrol kopling, perseneling gigi, dan mesin," urai Donny.

AGS pada mesin K10B 3-silinder 998 cc bertenaga 68 PS dan torsi 90 Nm diklaim lebih irit bahan bakar. Sistem "drive by wire" menjaga pedal gas lebih responsif atas pijakan kaki, membuat metode ECO driving bisa lebih optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com