Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Anti-maling dan Begal dari Yamaha Indonesia

Kompas.com - 04/05/2015, 11:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Maraknya kasus pencurian sepeda motor dan begal menginspirasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan fitur keamanan baru untuk salah satu model sepeda motor andalannya. Fitur yang dinamai Yamaha Autosafe itu ditanamkan pada GT 125 Eagle Eye Special Edition.

Dyonisius Beti, Executive Vice President YIMM, mengatakan, sistem keamanan ini dikembangkan berdasarkan masukan dari konsumen dan dealer bahwa shutter lock saja belum cukup.

"Banyak ide yang muncul, antara lain menyertakan GPS. Namun di Indonesia, GPS bergantung pada operator, yang harus langganan per bulan. Tentu ini memberatkan konsumen. Akhirnya, kami ciptakan sistem ini," kata Dyon.

Perangkat Autosafe ini bekerja dengan tiga komponen yang memiliki fungsi masing-masing, yaitu Auto Immobilizer, Auto Alarm, dan Auto Finder. Ketiganya bersinergi untuk membuat maling frustrasi saat coba menggondol sepeda motor.

Auto Immobilizer akan membuat kunci asli sekalipun tidak bisa digunakan untuk menyalakan mesin sebelum menekan tombol unlock pada perangkat Autosafe.

Ditambah Auto Alarm, sepeda motor akan mengeluarkan bunyi secara otomatis jika kunci dibuka secara paksa dalam posisi sistem pengaman aktif (on).

Lalu, pengguna tak perlu susah menemukan sepeda motor di tempat parkir dengan sistem Autosafe yang dilengkapi Auto Finder. Sistem ini mampu bekerja dengan jarak sampai 35 meter.

Sistem ini akan tersedia pada Yamaha GT 125 Eagle Eye yang dihargai Rp 16,4 juta, dan GT 125 Eagle Eye Garuda Rp 16,5 juta. Harga ini adalah harga lama, alias tidak ada kenaikan setelah dipasangkan dengan sistem anti-maling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com