Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jantung Pacu Nissan GT-R Mengecil

Kompas.com - 03/05/2015, 10:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah terungkap kabar generasi penerus GT-R menjadi “spesies” hibrida dari Nissan Chief Creative Officer Shiro Nakamura, kini informasi baru datang dari Ben Bowlby. Bos kampanye mobil khusus balapan Le Mans LMP1, yang mengatakan mobil sport pesaing supercar itu bakal menggunakan mesin lebih kecil.

Pengganti mesin V6 3.8 Twin Turbo milik GT-R yang sekarang masih beredar adalah mesin baru V6 3.0L yang dikembangkan di tubuh GT-R LM Nismo untuk balapan Le Mans. “(Mesin ini) Benar-benar awalan atas apa yang akan terjadi di masa depan mesin GT-R,” ujar Bowlby, seperti dilansir Car Advice, Minggu (3/5/2015).

Menurut Bowlby, teknologi pembakaran dalam injeksi langsung dan integrasi turbo, sistem intake, serta kepala piston, sangat menarik dan berpeluang besar untuk mobil penumpang.

Leftlanenews Nissan GT-R LM NISMO yang bakal tampil di Le Mans 2015

Di GT-R LM Nismo, mesin V6 3.0 menghasilkan tenaga 550 tk ke kedua roda depan. Sedangkan di kedua roda belakang bergerak dari tenaga motor listrik dengan kemampuan regenerasi energi hingga punya tenaga total 749 tk. Menarik bila sistem ini digunakan di GT-R untuk dipakai di jalanan.

Kapasitas mesin baru memang lebih kecil tapi tenaganya lebih besar. Bowlby juga mengklaim konsumsi bahan bakar mesin baru seperti mesin lama.

Carscoops Nissan Vision Gran Turismo.

Hingga saat ini Nissan mengatakan All-New GT-R akan lahir sebelum 2018. Selain mengadopsi desain balapan Le Mans, GT-R terbaru juga terinspirasi mobil konsep Nissan Vision Gran Turismo 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com