Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Ini Avanza Berbahan Bakar Bensin dan Gas

Kompas.com - 30/04/2015, 17:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Esensi Avanza Pop You Up adalah menjadi wadah hasil kreasi pemilik yang ingin tampil beda. Salah satu yang menarik perhatian di penyelenggaraan 2015 ini, merek aksesori Autokit ikut ambil bagian dengan menampilkan Avanza dengan asupan bahan bakar berbeda. Varian G model 2012 tersebut bisa meneguk dua bahan bakar, bensin dan gas alam terkompresi (CNG).

Modifikasi utama ada di bagian mesin. Autokit menambahkan convert kit dengan STAG AC Autogas CNG converter. Komponen-komponen ini terdiri dari ECU tambahan, jalur pipa CNG yang "disuntikan" ke intake mesin, saluran pengisian CNG, dan tabung berkapasitas 65 kg atau 15 liter setara bensin di bagian belakang.

Tabung CNG diletakkan di bagasi.

Menurut staf Marketing Communication Autokit, Arief Erlangga, Avanza ini adalah unit pamer namun aplikasi converter kit CNG bisa digunakan di sebagian besar model lain. Satu paket converter produks Polandia ini dijual Rp 15 - 18 juta.

"Untungnya buat pemilik, harga CNG lebih murah dari bensin. Menurut hitungan kami di tahun kedua sudah balik modal karena ongkosnya lebih murah," kata Arief, di Jakarta, Kamis (30/4/2015).

KompasOtomotif-Febri Ardani Saragih Perubahan komponen pada mesin.

Peralihan pemakaian bahan bakar bensin dan CNG saat berkendara diatur oleh ECU tambahan, jelas Arief. Setelan bisa diatur menyesuaikan tipe mengemudi. "Saat pertama kali menyalakan mesin itu masih pakai bensin, nanti berubah sendiri ke CNG kalau temperatur sudah optimal," jelas Arief.

Dijelaskan, gejala lag atau lemot saat menggunakan CNG sudah berkurang. Sebab semuanya sudah diatur oleh komputer. Penggantian bensin ke gas juga bisa dilakukan manual, caranya dengan menekan tombol instrumen tambahan yang diletakan di dasbor depan pengemudi.

Modifikasi pada Avanza ini bukan cuma itu, tampilannya lebih manis dengan bodi kit TRD dan pelek 17 inci. Di interior jok dilapisi bahan semi kulit dan sektor hiburan didukung sistem audio in car entertainment. Total biaya yang dihabiskan untuk mendapatkan modifikasi seperti ini sebesar Rp 40 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com