Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Oli Spesial yang Bikin Matik Tak Gampang Panas

Kompas.com - 28/04/2015, 09:37 WIB
advertorial

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sepeda motor adalah kendaraan idaman banyak orang, karena kepraktisannya dan didukung oleh desain yang makin modern. Kemudahan mengendarai sepeda motor sangat membantu siapa pun. Tak cuma di kota-kota atau pedesaan, pesisir pantai atau daerah dataran tinggi, lalu-lalang motor bisa mudah ditemui.

Masyarakat saat ini juga cenderung memilih sepeda motor matik. Buat yang setiap harinya menempuh kemacetan, motor matik jadi pilihan yang cerdas. Tapi sayangnya, motor matik terkadang mengalami panas mesin berlebih saat dipakai sehari-hari. Akibatnya, selain tenaga motor menjadi berkurang, konsumsi bahan bakarnya juga menjadi boros.

Soal ini pun dikeluhkan oleh Mamad, seorang karyawan swasta yang tinggal di seputaran Pondok Labu. Motor matiknya yang ia beli tahun 2013, mesinnya gampang panas.

“Tadinya saya bingung, apa ada yang salah dengan motor kok gampang panas. Lalu ada yang nyaranin untuk ganti oli. Saya coba deh Federal Matic Spesialis Dingin. Ternyata, benar! Tarikan jadi enteng, motor nggak cepat panas. Puas sekali dengan kualitas Federal Matic, apalagi harganya juga terjangkau,” jelas Mamad.

Motor matik memang butuh oli spesial. Karena oli berfungsi sebagai pelumas untuk meminimalisir gesekan antar komponen dan mendinginkan mesin saat bekerja, jadi kalau sampai dianggap sepele dalam pemilihan oli, maka bisa menyebabkan motor terkena masalah.

Pengalaman yang sama juga dialami oleh Ardi, karyawan swasta yang tinggal di Depok. Motor matiknya terasa panas dan belakangan ini tarikannya “brebet”. Setelah browsing di internet dan tanya sana-sini, Ardi curiga jangan-jangan faktor oli yang dipakai.  Kemudian saat pergantian oli berikutnya, ia memilih untuk mengganti oli standarnya dengan oli spesial.

“Saya beralih ke Federal Matic. Tadinya nggak percaya, takut korban iklan. Tapi dari saran teman dan setelah mengalaminya sendiri, eh benar, tarikan “brebetnya” hilang, mesin juga nggak gampang panas. Yang awalnya coba-coba jadinya malah jatuh cinta. Sejak itu, saya selalu pakai Federal Matic Spesialis Dingin setiap ganti oli.”

Oli memang memegang peranan penting di mesin motor. Oli spesial membuat kerja mesin menjadi stabil sehingga part-part dalam mesin pun terjaga, salah satunya silinder mesin karena silinder mesin berfungsi untuk mempercepat pelepasan panas. Oli spesial akan bekerja di dalam mesin dan di saluran ruang bakar dengan lebih sempurna sehingga motor matik yang karakternya gampang panas jadi stabil.

Agung R., pemilik bengkel CMS Motor, Cimahi, Bandung membenarkan peranan penting oli spesial Federal Matic terhadap kinerja mesin motor matik. “Federal Matic bikin mesin motor jadi dingin dan bensin tidak boros,” ungkapnya saat ditemui di bengkelnya beberapa waktu lalu.

Jadi, jelas sudah bahwa motor matik butuh oli spesial karena oli spesial akan menghasilkan tenaga yang maksimal. Federal Matic dengan Heat Protection Formula merupakan oli spesial yang spesialis mendinginkan mesin. Selain membuat motor matik tarikannya jadi enteng, irit bensin dan oli tidak mudah berkurang, juga mampu merawat dan memperpanjang umur mesin menjadi tahan lama. (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com