Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda CX-5 yang Makin Berkelas

Kompas.com - 27/04/2015, 18:12 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sejak awal, Mazda CX-5 datang sebagai penantang, atau bahkan kuda hitam di segmen SUV medium. Tawaran desain dan teknologi Skyactiv yang diusungnya mampu menyedot perhatian. Kini, mobil pertama Mazda yang berteknologi full Skyactiv itu berubah tampang, sekaligus menawarkan fitur dan kenyamanan yang berlipat.

Model facelift ini diluncurkan PT Mazda Motor Indonesia, Senin, (27/4/2015). Perubahan yang diusung mirip ”teman-temannya” yang lain, terutama pada bagian eksterior. Desain depan menerapkan tema Kodo yang semakin kental.

Gril penutup radiator berbentuk horizontal dengan warba abu-abu metalik dipadu desain rumah lampu kabut yang baru. Spion dikecilkan untuk mengurangi getaran selama berkendara, dan lampu sein diperbesar untuk meningkatkan visibilitas pengguna jalan lain.

Lampu LED juga diterapkan, sama seperti New Mazda6 dan All-New Mazda2.Lampu kombinasi belakang juga menggunakan LED. Desain pelek berbahan aluminium baru, diameter 17 inci (untuk tipe Sport dan Urban), serta pelek 19 inci untuk tipe Touring dan Grand Touring.

Interior dan fitur unggulan

Desain baru diterapkan untuk dashboard, perangkat kontrol, hingga pengaturan suhu. Panel instrumen luas dan penopang berlapis krom pada konsol dan trim pintu, menciptakan arsitektur berkesan kokoh. Penggunaan cahaya kabin warna putih juga diterapkan seperti New Mazda6.

Pada tipe Grand Touring (tertinggi), terdapat penambahan tombol penyesuaian untuk kursi penumpang depan dan memory switch pada kursi pengemudi. Dekor panel audio dan tombol panel cluster tak ketinggalan mendapat sentuhan baru.


Donny Apriliananda/KompasOtomotif Kabin depan New Mazda CX-5
Fitur dan kelengkapan

Desain meteran ditampilkan dalam layar LCD 4,3 inci yang menampilkan informasi status fitur, seperti sistem i-STOP dan fungsi i-ACTIVSENSE. Model ini sudah mengadopsi rem tangan elektrik yang bsia dioperasikan dengan satu tombol.

MZD Connect khas Mazda menjadi sistem hiburan wajib, terintegrasi dengan internet radio. Sembilan speaker dari BOSE siap menerjemahkan suara dari pengontrol audio menjadi frekuensi indah yang nikmat di telinga.

Semua fitur i-ACTIVSENSE sudah diterapkan dalam model ini, termasuk adaptive LED Headlamps (untuk tipe Grand Touring) yang membuat lampu semakin jelas, tapi tak menyilaukan mata pengendara lain. Fitur lain, Lane keep Assist System, Advanced Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert (untuk tipe Grand Touring).

Tipe baru

MMI menyediakan tipe baru, yakni 2.5L Urban. Tipe ini berada di antara 2.0 Sport dan 2.5L Touring. Berdasarkan masukan dari konsumen, Mazda melihat ada kesempatan untuk menjual tipe Urban dengan harga yang lebih terjangkau.

Komponen kedua, Wide Range Low Beam. Lampu-lampu akan aktif menerangi semua bagian jalan, terutama meningkatkan jarak pandang saat bebrelok. Lalu, ada Highway Mode, berfungsi melebarkan jangkauan penglihatan pengendara dengan meninggikan poros cahaya pada saat melaju kencang.

Di tipe terbaru ini, fitur Smart City Brake Support (SCBS) dikembangkan juga agar berfungsi untuk mundur atau parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com