Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2015, 17:01 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation masih menyandang predikat penguasa pasar mobil di dunia, sampai kuartal pertama 2015. Produsen terbesar Jepang ini berhasil menjual 2,52 juta unit mobil di seluruh dunia, mengalahkan rival Volkswagen (VW) dan General Motors (GM).

Prestasi ini berhasil dipertahankan Toyota dalam tiga tahun terakhir. Sedangkan, VW berhasil menggeser GM dengan penjualan 2,49 juta unit untuk periode Januari-Maret 2015. Sedangkan, GM harus puas diperingkat ketiga dengan hasil 2,4 juta unit.

Dilansir JapanToday (24/4/2015), penjualan Toyota dalam tiga bulan pertama tahun ini, turun 2 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Penyebabnya, kinerja penjualan di Jepang yang menyusut cukup signifikan. Penjualan VW justru naik 1,8 persen year on year, sedangkan GM juga meningkat 1,9 persen.

Persaingan ketiga pabrikan menjadi yang terbesar terus terjadi dalam beberapa tahun terakhir. China, sebagai negara dengan pasar otomotif terbesar di dunia, terus direbutkan, saling berkompetisi, meraup pangsa pasar terbesar. VW juga punya ambisi menggeser posisi Toyota dari puncak pada 2018.

Toyota, mengalami masa naik dan turun sejak geliat recall yang berlangsung di seluruh dunia pada 2009. Juga mengalami bencana tsunami di 2011, sehingga sempat terjadi kelumpuhan pasokan komponen dari industri pendukung di Jepang. Akio Toyoda, Presiden Direktur sekaligus cucu dari pendiri perusahaan, mengarahkan komando perusahaan untuk memperbaiki kinerja perusahaan.

Akhirnya, pertumbuhan penjualan terjadi lagi meskipun tipis dan bertahap. Toyota juga mulai memberlakukan kebijakan keseragaman komponen sama pada model-model kunci. Langkah tersebut membuat prinsipal bisa lebih berhemat tapi tetap meningkatkan kualitas produksi.

GM

Terpaan masalah juga dialami GM dengan kasus kunci kontak yang juga berujung pada jutaan unit recall, terutama di AS, sejak 2014. Produsen asal Detroit ini, di mana termasuk Chevrolet, Opel, Buick, dan Cadillac terus mempertahankan diri sebagai merek terlaris lebih dari tujuh dekade, sampai akhirnya dipatahkan Toyota mulai 2008.

Sementara, VW yang memiliki Audi dan Bugatti di sisinya, mulai menohok dari belakang, dalam beberapa tahun terakhir. Menjadi merek asing terlaris di China, membuat VW diuntungkan, dibandingkan dua prinsipal rival lainnya.

Tahun lalu, Toyota juga menjadi prinsipal otomotif pertama di dunia yang menembus penjualan 10 juta unit setahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com