Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut Toyota Mirai di Sirkuit NASCAR

Kompas.com - 27/04/2015, 10:18 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Richmond, KompasOtomotif - Ajang balapan NASCAR identik dengan kecepatan tinggi dan raungan mesin V8 yang digunakan para pesertanya. Namun, kali ini Toyota membuat balapan ini terasa lebih senyap, dengan hadirnya Mirai, mobil berteknologi fuel cell massal pertama di dunia di ajang balapan ini.

Mirai didapuk sebagai Safety Car, sekaligus menjadi debutnya di ajang "Toyota Owners 400 NASCAR Sprint Cup Series" di Sirkuit Internasional Richmond, Virginia, Amerika Serikat.

"Punya kendaraan fuel cell di ajang Toyota Owners 400 merupakan peristiwa bersejarah bagi Toyota dan NASCAR dan kami bangga itu adalah Toyota Mirai. Memboyong Mirai ke Richmond untuk terlibat di balap menjadi cara alternatif Toyota menunjukan kemajuan inovasi dan sadar pada lingkungan," jelas Ed Laukes, Wakil Presiden Pemasaran, Performa, dan Pengalaman Pelanggan Toyota Motor Sales, USA, dilansir Autoblog (26/4/2015).

Di ajang ini, Mirai tampil dengan berbagai permainan grafis yang melekat pada bodinya. Juga, dengan kelengkapan lampu khusus di bagian atap, membuat penampilan Mirai lebih sporty. Sebagai safety car, Mirai sekaligus menunjukan kebolehannya menggiring 43 mobil peserta satu lap sebelum start dimulai.

Pada 2009 silam. Toyota pernah menggunakan Camry Hibrida sebagai Safety Car di ajang Coca-Cola 600. Selain itu, konsep FCV-embrio Mirai-juga pernah di tes di ajang Shinshiro Rally di Jepang, langsung dikemudikan presiden perusahaan Akio Toyoda.


Toyota Menjadi safety car yang melepas 43 pebalap sebelum memulai balapan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com