Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Esemka Bantah Kerja Sama dengan Proton

Kompas.com - 24/04/2015, 13:50 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Meleburnya PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sebagai penggagas proyek Esemka dengan PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL), membentuk PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE), membuat sejumlah kalangan terkejut. Apalagi, ACL sebelumnya menjalin kerja sama dengan Proton, menandatangani nota kesepahaman untuk studi kelayakan proyek mobil nasional Indonesia.

Tapi, Budi Martono relawan Esemka memastikan kalau perusahaan gabungan ACE tidak menjalin kerja sama dengan Proton. Perusahaan gabungan ini diciptakan untuk mewujudkan mimpi Indonesia punya kendaraan rakyat dan pedesaan.

"Kami sama sekali tidak ada hubungannya dengan Proton, (kerja sama ini) benar-benar untuk Esemka. Kalau produknya Proton lantas dilabeli Esemka orang juga nanti tahu," beber pria yang akrab dipanggil Toto ini kepada KompasOtomotif, Jumat (24/4/2015).

Sebelumnya, PT Adiperkasa Citra Esemka, perusahaan yang didirikan Hendropriyono tadinya memiliki nama perusahaan PT Adiperkasa Citra Lestari. Februari lalu menggandeng kerja sama dengan Proton Malaysia untuk membangun industri mobil di Indonesia. Studi kelayakan ini dievaluasi 6 bulan ke depan.

Soal kemungkinan alih teknologi dari Proton untuk Esemka, Toto juga membantahnya. "Teknologi Proton itu memang murni milik Proton, kan tidak. Makanya, kami tidak kerja sama dengan Proton," tutup Toto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com