Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Kompak Geely untuk Tembus Pasar Barat

Kompas.com - 22/04/2015, 15:45 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Geely Automobile berencana membuat Sport Utility Vehicle (SUV) kompak baru mulai 2016. Model tersebut disiapkan sebagai senjata baru bertempur di pasar Eropa dan Amerika Serikat (AS). Direncanakan mulai dijual awal 2017 di China, baru menyusul setahun kemudian ke Eropa, jelas dua sumber eksekutif perusahaan, dilansir Reuters (21/4/2015).

Untuk pasar Eropa, akan dibekali teknologi hibrida plug-in. Sedangkan untuk pasar domestik China menggunakan mesin konvensional, namun menyusul juga ada varian hibrida plug-in.

Memosisikan diri di Eropa, Geely mau dikenal sebagai merek yang menjual kendaraan berteknologi tinggi dengan harga terjangkau, bukan sebagai mobil murah. Sumber itu juga menjelaskan, Geely berencana membuka jaringan pemasaran premium di Eropa, guna menunjang penjualan.

"Ini upaya untuk memploklamirkan merek kami sebelum mengeluarkan model-model 'mainstream' bermesin konvensional bensin di Eropa dan menyusul di AS," jelas salah satu eksekutif.

Beberapa negara Eropa yang dibidik Geely untuk memasarkan SUV baru ini, antara lain Spanyol, Portugal, Italia, Inggris, dan Eropa Timur. "Pasar-pasar ini, Inggris terutama, sangat terbuka bagi mobil asing, sedangkan Eropa Utara, Perancis, dan Jerman lebih tertutup," lanjut sumber itu.

Kemunculan perdana SUV baru Geely akan berlangsung di Beijing Auto Show, awal 2016 mendatang. Mobil ini belum punya nama pasti, tapi diproduksi menggunakan platform Compact Modular Architecture (CMA) dan mesin yang dikembangkan bersama bersama Volvo Cars.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com