Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Supercar Listrik Pertama Milik Bangsa China

Kompas.com - 22/04/2015, 09:26 WIB
Shanghai, KompasOtomotif - Sebagai negara dengan pasar otomotif terbesar di dunia, China tidak hanya bergantung pada produsen luar. Pabrikan lokal China juga mampu berkembang di negara sendiri meski kadang mengundang kontroversi karena dianggap proyek copy paste.

Kali ini di ajang Shanghai Auto Show 2015, produsen lokal China kembali unjuk gigi. Bukan produksi main-main yang ditampilkan, melainkan mobil super bertenaga listrik sudah bisa diproduksi dan siap dijual massal.

Supercar tersebut bernama Qiantu K50 Event! Penggunaan tanda seru di belakang nama seakan menjadi penegasan ini adalah proyek prestisiun yang dilakukan produsen lokal China. Qiantu K50 Event! adalah electric supercar dan diluncurkan dalam dua versi yakni versi balap dan versi legal dipakai di jalanan umum.

Mobil super ini dirancang berdasarkan model konsep CH Auto Event, yang juga diperkenalkan pada ajang yang sama tahun lalu. Kini versi produksinya sudah siap dipasarkan oleh Qiantu Qiche untuk pasar lokal.

Sumber tenaga dari motor listrik menghasilkan daya 400 PS dan torsi 650 Nm, dikirim ke sistem penggerak roda belakang. Akselerasi 0-100 kpj diklaim tembus dalam waktu lima detik. Sekali pengisian daya listrik mampu mencapai jarak terjauh 200 km.

Desain Qiantu K50 Event! layaknya supercar pada umumnya yang berdesain agresif. Versi balap mengusung bodi kit yang dipenuhi sistem aerodinamis, termasuk wajah depan agresif dan bemper belakang dengan difusser, plus side skirt dan saluran udara pada fender belakang.

Sementara versi standar dengan desain lebih kalem. Penekanan ada di sektor interior untuk menonjolkan aura kemewahan, seperti jok dan dashboard lapis kulit, konsol tengah canggih, sistem infotainment dengan layar sentuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com