Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hongqi LS5 Perpaduan Jiplakan Range Rover dan Jeep

Kompas.com - 21/04/2015, 16:53 WIB
Shanghai, KompasOtomotif - Produsen lokal China, Hongqi, ikut meramaikan gelaran Shanghai Auto Show 2015. Hongqi menampilkan SUV mewah bermama LS5 yang desainnya mirip dengan Range Rover dan Jeep.

Hongqi dalam bahasa Indonesia berarti Bendera Merah, adalah produsen mobil tertua di China. Mobil ini awalnya diproduksi hanya untuk dipakai anggota tertinggi Partai Komunis China. Gongqi kemudian diambil alih oleh FAW Group dan mulai melayani kebutuhan warga sipil China yang kaya-raya.

Hongqi dibanderol dengan harga selangit untuk ukuran mobil China. LS5 sendiri dibanderol dengan harga 800.000 dollar AS (Rp 10,36 miliar). Desainnya adalah perpaduan dua dua produsen dunia Jeep dan Range Rover. Wajah depan mirip Jeep sedangkan bodi samping sampai ke belakang mirip Range Rover.

Posturnya tinggi besar dengan panjang 5.198 mm, lebar 2.098mm dan tinggi 1.890mm, serta jarak sumbu roda 3.060mm. Dimensi ini membuat ruang penumpang tengah dan belakang menjadi luas. Kekurangannya, bobot LS5 terbilang berat yakni sebesar 2.850 kg.

SUV ini didukung oleh mesin V8 twin-turbocharged dengan daya 381 tk dan torsi puncak 530 Nm. Mesin ini dipadankan dengan transmisi otomotis delapan percepatan plus sistem penggerak semua roda. Akselerasi 0 ke 100 kpj tembus dalam 8,1 detik dan top speed 220 kpj.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com