Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Ohlins, Yamaha R1M Kena ”Recall”

Kompas.com - 21/04/2015, 08:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Ottawa, KompasOtomotif –  Awal April 2015 ini, dilaporkan bahwa suspensi Ohlins TTX36 Series masuk daftar recall atau kampanye perbaikan massal di Amerika Serikat. Model yang kena recall termasuk yang lebih spesifik untuk model TTX GP, TTX RT, dan TTX36 MKII sebagai varian yang dijual dengan status aftermarket.

Kini, recall merambah ke Kanada dan Australia. Apalagi, diketahui bahwa suspensi untuk sepeda motor beperforma tinggi ini diinstal pada salah satu merek. Model sepeda motor pertama yang terdeteksi menggunakannya adalah Yamaha YZF-R1M.

Spek tertinggi dari R1 ini dilengkapi suspensi yang bisa dikontrol secara elektronik dari Ohlins. Dari keterangan yang disampaikan Transport Canada dan Australian Competition and Consumer Commission, recall karena permasalahan yang sama.

”Untuk beberapa model, suspensi belakang tidak dirakit secara benar. Baut piston dikencangkan dulu sebelum piston menempel sempurna dengan komponen lain. Ini membuat baut akan mudah kendor, yang menyebabkan pengendalian pada suspensi tidak bekerja sempurna, sehingga berpotensi menimbulkan celaka,” begitu tulis Canadian Recall.

Atas permasalah ini, dealer akan mengganti peredam kejut dari suspensi dengan yang sudah sempurna. Karena populasinya masih sedikit, hanya 62 unit yang terdeteksi kena masalah ini di Kanada. Belum ada keterangan dari pihak Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com