Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Indonesia Cetak Penjualan Tertinggi

Kompas.com - 20/04/2015, 13:43 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah meluncurkan tiga produk baru, X-Trail, Juke, dan NP300 Navara, Nissan Motor Indonesia (NMI) menggenjot pasokan ketiga model itu ke jaringan pemasaran. Hasilnya, memasuki bulan Maret 2015 lalu total penjualan wholesale NMI menyentuh level 5.000 unit.

Angka wholesale itu sementara terbesar pada 2015 dan bila ditelisik ke belakang bahkan sebenarnya pencapaian tertinggi selama 17 bulan terakhir. Budi Nur Mukmin, General Manajer Strategi Pemasaran dan Perencanaan Produk NMI mengatakan wholesale Maret berasal dari kombinasi banyak hal.

“Pada dasarnya karena Nissan baru launching beberapa model jadi di awal memang kita menaikkan supply ke dealer,” papar Budi kepada KompasOtomotif, pekan lalu.

Selain pasokan, Budi juga menerangkan ada indikasi kenaikan penjualan nasional pada Maret lalu. Penjualan ritel pada Januari dan Februari dikatakan sekitar 80.000 unit, sementara Maret mencapai 95.000 unit. “Jadi kita coba mengikuti dinamika tren penjualan saja,” katanya.

Tunggu

Budi menilai peningkatan penjualan nasional pada Maret belum tentu berlanjut ke April dan seterusnya.

“Kita harus lihat nanti jualan April, ini juga jadi pertanyaan Nissan. Bila balik lagi ke 80.000-an unit, berarti Maret itu hanya push sales. Nissan memang lagi banyak model baru, kalau merk lain mungkin karena menaikan lagi stok setelah beberapa bulan mereka menurunkan stok,” jelas Budi.

Meski belum pasti mendapat angin segar, target NMI tetap sama. Tahun ini berharap mendapat penjualan 40.000 unit, atau bila dipecah mencapai 3.333 unit per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com