Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Siapkan SUV dan MPV Murah

Kompas.com - 20/04/2015, 12:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif - Volkswagen tengah mencari cara untuk memproduksi dua model baru, sport utility vehicle (SUV) dan minivan (MPV) murah di China. Upaya ini dilakukan agar pabrikan asal Jerman itu tetap mampu bersaing di pasar otomotif terbesar di dunia itu, sekaligus mempertahankan posisinya sebagai merek asing terlaris.

Jochem Heizmann, Eksekutif Kepala VW China, dilansir Autonews Europe (19/4/2015), mengatakan, VW tidak akan mengalahkan pertumbuhan total industri tahun ini di China, karena tertahan lonjakan permintaan model-model SUV dan minivan murah.

"Lonjakan volume terbesar, pengembangan terbesar ada di segmen SUV murah, di segmen MPV. MPV murah, di mana kami belum punya produknya," beber Heizmann di Shanghai, Minggu (19/4/2015).

Kondisi ini membuat VW melakukan "proyek konsentrasi" untuk mengatasi masalah ini. "Kami tengah membicarakan keluarga produk baru di sini. Kami tidak cuma bicara soal satu atau dua model saja," tukas Heizmann.

Saat ini, VW mengaku proyek baru ini masih dalam tahapan eksplorasi dan belum bisa dikonfirmasi. Penjualan SUV di China melesat sampai sepertiga terhadap total pasar menyentuh 3,82 juta unit, dua kali lipat dari posisi 2012. Pertumbuhan segmen ini sangat masif, terbesar ketimbang segmen lain, menurut Asosiasi Kendaraan Penumpang China.

Tahun ini, penjualan SUV diprediksi bakal menyentuh 5,2 juta unit di China, naik 27 persen dari tahun lalu. Sedangkan pasar sedan hanya naik 1 persen, menjadi 12,5 juta unit saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com