Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

91.800 Unit Mini Coopers Bermasalah dengan Kantong Udara

Kompas.com - 20/04/2015, 11:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Washington, KompasOtomotif - BMW Amerika Utara menggulirkan kampanye perbaikan massal (recall) terhadap 91.800 unit Mini Coopers di Amerika Serikat (AS) karena ditenggarai ada masalah pada fungsi kantong udaranya. Menurut Lembaga Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas (NHTSA), kantong udara di sisi penumpang depan berpotensi gagal meletup jika terjadi kecelakaan.

Dilansir Bloomberg (19/4/2015), pengumuman recall diunggah di situs resmi NHTSA, akhir pekan lalu, menyatakan melibatkan 59.270 unit Mini Cooper dan Cooper S, produksi Januari 2005 sampai November 2006. Serta, 32.530 unit Mini Cooper dan Cooper S convertible, rakitan Januari 2005 hingga Juli 2008.

Masalahnya disebutkan ada pada sensor deteksi penumpang depan yang tidak berfungsi dengan normal. Dalam beberapa kasus kecelakaan, kantong udara sisi penumpang tidak meletup dan mengurangi risiko cidera lebih serius di sisi pengemudi.

BMW mengakui telah menerima sejumlah laporan dari pelanggan, dan menyatakan ada kasus cedera karena masalah ini. Komponen bermasalah ini dipasok dari Johnson Controls di Burscheid, Jerman. Perbaikan segera dilakukan cuma-cuma dengan mengganti komponen yang bermasalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com