Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selangkah Lagi Daihatsu Indonesia Capai Produksi 4 Juta Unit

Kompas.com - 18/04/2015, 12:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Gilimanuk, KompasOtomotif – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tengah bersiap mencapai produksi mobil yang ke-4 juta pada 2015 ini. Perayaannya bahkan sudah ditentukan, yakni pada 7 Mei 2015 mendatang, dan akan mengundang pejabat tinggi negara.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, menegaskan bahwa posisi ini membuat Daihatsu menjadi produsen mobil pertama di Indonesia yang mencapai angka produksi 4 juta unit.

”Modelnya apa, tunggu saja nanti. Kalau beber semua di sini, nanti informasi di hari H menjadi biasa saja. Paling banyak diproduksi yang jelas Xenia-Avanza,” ucap Amelia, di Gilimanuk, Buleleng, Bali, (16/4/2015).

Sejak memulai aktivitas produksi pada 1978, Daihatsu di Indonesia terus tumbuh. Bahkan terakhir, pabrik di Karawang terlah diresmikan pada 2013 untuk mengakselerasi produksi. Kapasitas produksi ADM hingga saat ini lebih dari 400.000 unit dalam setahun.

Hingga akhir 2014, tercatat total produksi mobil dari pabrik yang dioperasikan Daihatsu Indonesia mencapai 3,98 juta unit. Ditambah beberapa bulan pada 2015, akhirnya angka ke-4 juta akan dicapai hanya dengan menambah puluhan ribu unit.

Daihatsu di Indonesia juga termasuk sangat cepat bertumbuh dalam memproduksi mobil. Produksi ke-1 juta unit dicapai hanya dalam beberapa tahun, bahkan lima tahun kemudian sudah mencapai 2 juta unit.

Akselerasi produksi semakin cepat, hingga pada 2013 pabrik ADM mencapai produksi 3 juta unit. Jika angka 4 juta dicapai Mei 2015 nanti, artinya, hanya dalam dua tahun produksi bisa bertambah 1 juta unit!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com