Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kelebihan Mercy E-400 AMG yang Dipakai Delegasi KAA 2015

Kompas.com - 17/04/2015, 12:47 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Puluhan pemimpin negara Asia dan Afrika akan berkumpul di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat menghadiri Konferensi Asia Afrika 2015, mulai akhir pekan ini. Guna menunjang jadwal kegiatan yang padat, para delegasi negara-negara Asia dan Afrika ini akan ditemani oleh Mercedes-Benz E-400 AMG.

Seperti apa kehebatan sedan mewah dari merek Jerman ini? Mari sama-sama kita beberkan spesifikasinya, berikut ini.

Mesin

E 400 AMG merupakan sedan termewah dari keluarga E-Class yang dipasarkan PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI). Sedan ini dirakit lokal (CKD) di pabrik MBI, Wanaherang, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Meski memiliki nama AMG, sedan ini tetap mengandalkan mesin standar. Tapi, penampilan (ekstrior) dan beberapa kelengkapan interior menggunakan pasokan dari rumah modifikasi resmi Mercedes-Benz di Jerman, AMG.

Sedan empat pintu ini mengunakan mesin V6, 3.0 liter (2.966 cc) biturbo menghasilkan tenaga 245 kW (333PS) dan torsi 480 Nm. Bersama transmisi 7G-Tronic Plus, E 400 AMG bisa dikebut 0 – 100 kpj dalam 5,3 detik. Sedangkan kecepatan maksimum (dibatasi secara elektronik) 250 kpj.

Fitur

Mesin ini juga punya teknologi start/stop, di mana mesin berhenti jika mobil dalam kondisi diam beberapa saat. Ketika hendak jalan, cukup injak pedal gas, mesin otomatis hidup dan kembali bisa melanjutkan perjalanan.

Selain itu juga ada Direct Steering memudahkan pengemudi memutar setir saat parkir (tidak harus memutar setir beberapa kali). Konsumsi bahan bakar diklaim 7,9 – 7,5 liter/100 km atau 12,6 – 13,3 kpl.

Daimler AG Untuk mengoperasikan transmisi otomatis, kini digunakan potensio putar
Penampilan

Sedan ini cukup bongsor bodinya, dengan dimensi panjang 4.879 mm, lebar 1.854 mm, tinggi 1.477 mm, dan sumbu roda 2.874 mm. Kelapangan kabin dirasa cukup mengompensasi kegiatan yang harus dijalani para pemimpin negara selama KAA berlangsung.

Ciri khas AMG pada sedan ini adalah logo bintang Mercedes-Benz dipasang di tengah gril depan. Sedangkan di belakang, terdapat dua ujung knalpot dengan desain segi yang menyatu pada bemper. Bagian yang juga baru adalah desain lampu utama depan adaptif, kini menggunakan LED disatukan dengan lampu DRL.

Lampu depan sudah menggunakan LED yang mampu mengatur sorotan secara otomatis. Tambahan lain, Panoramic Sunroof sehingga membuat interior terasa semakin lega. Di interior, pengoperasian transmisi otomatis 7G-Tronic Plus, tidak lagi menggunakan model tuas, tetap diganti dengan potensio putar. Pengemudi juga bisa memindahkan gigi secara manual lewat tuas transmisi "paddle shift" di setir.

Keamanan

Untuk keamanan standar, Mercedes-Benz sudah melengkapi sedan ini dengan beberapa fitur, yakni Acceleration Skid Control, ABS, PRE-SAFE, Active Bonnet reversible, Attention Assist, ESP dan alarm tekanan ban, kantung udara. Untuk kemudahan pengemudi, tersedia Active Parking Assist (paralel) dan iKeyless-Go, yang dapat membuka dan menutup pintu secara otomatis.

Daimler AG Sistem infotainment untuk penumpang belakang
Hiburan

Sebagai mobil premium, sedan ini juga dilengkapi dengan sistem infotainment yang hebat.  Selain head unit depan yang bisa memainkan DVD, buat penumpang belakang disediakan dua monitor 20,3 inci dengan Headphone nirkabel.

Audio menggunakan Harman Kardon® Logic 7® Surround Sound System, koneksi Bluetooth, amplifier 9 kanal DSP, booster 2 kanal dengan total tenaga 610 watt plus 14 speaker.

Di Indonesia, sedan mewah ini ditawarkan dengan banderol Rp Rp 1,269 milir (off-the road). Menariknya lagi, mobil "bekas" pemimpin dunia di KAA ini rencananya akan dijual ke konsumen dengan harga khusus. Tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com