Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

X-Trail Cetak Penjualan Tertinggi Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 17/04/2015, 08:57 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Terapan strategi PT Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk All-New X-Trail terbukti akurat. Dari pandangan penjualan, generasi terbaru SUV yang kini punya desain membulat dan dinamis ini berhasil mencatatkan rekor terbaiknya sepanjang sejarah di Indonesia.

Berbagai skema telah dibuat setelah All-New X-Trail diluncurkan September 2014. Di antaranya menawarkan harga lebih murah Rp 28 juta untuk pembeli awal, menggenjot promosi, hingga membesarkan kapasitas perakitan agar permintaan unit bisa dikejar.

Tahun ini NMI mulai menuai hasil penuh. All-New X-Trail telah sukses melampaui target penjualan 1.000 unit per bulan. Dari rekap data wholesales Gaikindo di tiga bulan pertama 2015 mengungkap penjualan All-New X-Trail menanjak, pada Januari mencapai 1.046 unit, Februari 1.669 unit, dan Maret 1.861 unit.

“Ini sepanjang sejarah pencapaian tertinggi X-Trail,” ucap Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran dan Komunikasi NMI, pekan lalu di Pameran Otomotif Medan 2015.

Hasil itu juga membawa SUV yang muat tujuh penumpang ini stabil di puncak segmen SUV medium dengan total penjualan 4.576 unit untuk Januari - Maret. Pada 2014, X-Trail butuh waktu 12 bulan mencapai level penjualan 4.000 unit.

Pesaing terdekat All-New X-Trail adalah Honda CR-V. Edisi facelift CR-V sudah meluncur pada Januari lalu namun sementara Honda harus puas karena posisinya bertengger di posisi kedua segmen SUV medium. Selama tiga bulan awal 2015, CR-V baru mencapai total 3.294 unit. Bila diurai, Januari 1.043 unit, Februari 1.399 unit, dan Maret 852 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com