Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Habiskan 32,1 Triliun untuk Meksiko

Kompas.com - 16/04/2015, 14:19 WIB
Mexico City, KompasOtomotif - Ford Motor Company menyiapkan dana sebesar 2,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 32,1 triliun untuk investasi dengan memperluas fasilitas pabrik di Meksiko.

Meksiko menjadi primadona baru buat para produsen otomotif dunia berinvestasi. Sebelumnya, Toyota sudah mengumumkan akan mengucurkan dana sebesar Rp 12,8 triliun untuk membangun pabrik baru di Meksiko.

Kembali ke Ford, investasi yang akan dilakukan akan terbagi rata antara pembangunan pabrik mesin baru di negara bagian Chihuahua. Selanjutnya, Ford juga akan membangun pabrik transmisi baru di negara bagian Guanajuato. Demikian diinfokan sumber Ford seperti dilansir Reuters, Kamis (16/4/2015).

Ford sendiri belum mengumumkan rencana ini secara resmi. Namun, seorang pejabat Meksiko yang tidak disebutkan namanya, telah mengklaim pabrik mesin Ford akan menciptakan sekitar 4.000 lapangan kerja.

Ford sudah memiliki pabrik mesin dan perakitan di Meksiko, yang memproduksi Fiesta, Fusion, F-Series pickup dan Lincoln MKZ. Namun model ukuran sedang dan besar seperti F-650 dan F-750 akan digeser kembali ke Amerika Serikat.

Meksiko adalah negara dengan perkembangan industri otomotif yang terbilang cepat. Para produsen memilih Meksiko untuk berinvestasi karena upah tenaga kerja yang relatif murah dan dekat dengan pasar AS. Selain Toyota dan Ford, dua pabrikan lainnya General Motors dan Volkswagen juga siap berinvestasi di Meksiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com