Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Ekspor, Toyota Jadi Perusahaan Paling Dikagumi

Kompas.com - 16/04/2015, 14:00 WIB
Jakarta, KompasOtomotif – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meraih penghargaan Indonesia Most Admired Company 2015. Penghargaan ini diberikan setelah TMMIN membukukan kenaikan ekspor 35 persen dari pencapaian 2013.

Penghargaan diterima oleh Wakil Presiden TMMIN Warih Andang Tjahjono dari Warta Ekonomi, Rabu (15/4/2015). Ekspor mobil utuh Toyota mencapai angka 160.000 unit, dari total ekspor mobil Indonesia sebesar 207.000 unit. Pada Maret 2014 TMMIN juga sudah melakukan ekspor Vios ke ASEAN dan Timur Tengah yang merupakan ekspor sedan dalam jumlah besar untuk pertama kalinya.

“Kami di Toyota Indonesia berkomitmen untuk senantiasa melakukan usaha yang mendukung kegiatan pengembangan industri dan berperan nyata bagi bangsa Indonesia,” ucap Warih Andang Tjahjono, dalam keterangan persnya.

Pada tahun lalu, TMMIN juga sudah melakukan pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik mesin kedua di Karawang Barat, Jawa Barat. Rencananya, pabrik mesin ini akan dibuka pada semester awal 2016. Rencananya, pabrik mesin ini akan memproduksi mesin bensin alumunium mobil penumpang, dengan kapasitas 216.000 unit per tahun. Pada tahap awal akan menyerap lebih dari 600 tenaga kerja baru.

Pembangunan pabrik mesin Karawang merupakan bagian dari komitmen investasi Grup Toyota sebesar Rp 13 triliun. Investasi ini sudah  diumumkan oleh Presiden Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang Akio Toyoda di November 2012 dan telah terpenuhi di 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com