Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hak Cipta Skuter Roda Tiga, Piaggio Gugat Yamaha dan Peugeot

Kompas.com - 16/04/2015, 11:39 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Milan, KompasOtomotif - Piaggio melayangkan gugatan terhadap Yamaha dan Peugeot ke pengadilan Italia, karena dianggap melanggar hak paten soal ide memproduksi skuter roda tiga. Dalam gugatan hukumnya di Milan, Italia, Piaggio menanggap kalau Yamaha Tricity dan Peugeot Metropolis menjiplak Piaggio MP3 dalam hal desain dan hak paten perusahaan.

Produsen sepeda motor asal Italia ini juga menuntut agar pengadilan bisa mempertahankan penjualan, meminta semua produk Yamaha dan Peugeot di tarik dari pasar, dan kerugian materil lain.

Piaggio MP3 mulai dipasarkan pada 2006, dengan memperkenalkan desain terbaru, sistem suspensi parallelogram. Suspensi yang bisa membuat laju skuter bisa melandai ketika berbelok di tikungan. Sementara, Peugeot melepas Metropolis mulai 2012, disusul Yamaha Tricity setahun kemudian.

Peugeot/Motorcycle Metropolis diluncurkan sejak 2012, dianggap melanggar hak paten Piaggio.

Meski tuntutan hukum Piaggio baru disampaikan musim semi lalu, pihak-pihak yang terlibat dalam kasus ini harus menunggu sampai musim panas sampai proses pengadilan selesai. Media lokal Italia, La Reppublica, dilansir Motorcycle (15/4/2015), melaporkan tuntutan Peugeot telah dijadwalkan 16 Juni 2015. Sedangkan untuk sidang perdana untuk mendengarkan fakta yang disampaikan oleh pihak tergugat, dilakukan 24 Juli mendatang.

Selain itu, Piaggio juga dilaporkan melakukan hal sama terhadap Peugeot di pengadilan Paris, Perancis. Hal ini cukup memicu persaingan di pasar, pasalnya Perancis merupakan pasar besar bagi skuter roda tiga, sekaligus negara asal Peugeot sendiri. Peugeot sendiri mengklaim sudah menjual 70.000 MP3 di Perancis sejak pertama kali diluncurkan.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com