Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Honda BeAT 40 Hari Non-stop Jelajah Lampung

Kompas.com - 15/04/2015, 09:08 WIB
advertorial

Penulis

Bandar Lampung, KompasOtomotif – Touring Honda BeAT Super Power selama 40 hari non-stop dengan mengelilingi Provinsi Lampung berjalan sukses. All New Honda BeAT eSP menjadi satu-satunya sepeda motor skutik Tanah Air yang berhasil dibuktikan ketangguhan mesinnya selama 40 hari dengan menempuh perjalanan sejauh 3.100 km.

Perjalanan dimulai pada 4 Maret 2015, dimana pelepasan rombongan touring Honda BeAT Super Power dilakukan di di parkiran kantor PT. Tunas Dwipa Matra (TDM) selaku main dealer Honda wilayah provinsi Lampung. Kegiatan ini secara resmi berakhir pada 12 April 2015 pukul 20.00 WIB di lapangan PKOR Way Halim Bandar Lampung.

Pembuktian ketangguhan produk ini dilakukan dengan jelajah 15 Kota, 225 kecamatan dan 2.423 Desa di provinsi Lampung, selama 40 Hari Non stop. Sepeda motor dikendarai secara estafet oleh 80 rider. Raihan rekor ini menorehkan beberapa catatan diantaranya total waktu 40 hari, ditempuh oleh 80 orang rider, engine on selama 947 Jam, dibagi dua kondisi, rolling 208 jam dan stationer 740 jam, menempuh jarak total 3100 KM, total putaran sebanyak 3.393.287.000 RPM (rotasi per menit) secara non stop.

“Kami telah mencatatkan sejarah otomotif atas produk dengan performa super. Masyarakat Lampung khususnya menjadi saksi langsung pencapaiannya. Ini adalah pengujian yang sebenarnya, tidak dilakukan secara sembunyi sembunyi atau dengan alat ukur statis,” ungkap Manager promosi TDM Rusli Mantaring dalam keterangan resminya.

Sepanjang touring berlangsung, kondisi mesin, rangka, dan kelistrikan All New Honda BeAT eSP tetap menunjukkan kondisi prima. Saringan udara, CVT, kondisi kelistrikan lampu, battery (aki), sistem pengereman, tekanan ban, maupun suspensi dalam keadaan baik.

Beberapa kondisi yang disiapkan adalah penyegelan kunci kontak dan tombol fitur ISS untuk menjaga mesin dalam kondisi hidup terus menerus dan kunci duplikat untuk membuka jok saat pengisian bahan bakar. Pengisian oli mesin dilakukan dengan metode penambahan bertahap dengan kondisi kendaraan tetap menyala. Tercatat dilakukan 4 kali penambahan oli mesin, 1 (satu) kali penambahan oli gear box, 1 (satu) penggantian filter udara, penggantian ban dalam karena pecah ban.

Kegiatan Honda BeAT Super Power ini ditutup dengan kemeriahan acara hiburan khusus bagi masyarakat Lampung. Hiburan tersebut antara lain Band Competition, Dance Competition, Honda BeAT super challenge, Eskul competition, photography VIP Contest, tidak ketinggalan program penjualan khusus sepeda motor Honda dan spare part Honda.

“Berdasarkan data AISI per bulan februari sampai dengan April 2015, model terbaru All New Honda BeAT eSP telah terjual 16.101 unit di Lampung dan menguasai 78.4 persen pangsa pasar di kelasnya. Hal ini merupakan bukti nyata Honda BeAT menjadi pendamping aktifitas masyarakat Lampung yang terbaik. Produk ini diterima karena kualitas produk dan layanan jaringan kami di Lampung baik penjualan, perawatan dan suku cadangnya” jelas Supervisor Area Marketing PT. Tunas Dwipa Matra, Haddy Kurniawan.

Taklukkan Beragam Kondisi Jalan
Sepanjang rute yang dilewati, All New Honda BeAT eSP  mampu menaklukkan beragam kondisi jalan. Rute yang dilalui dimulai dari kota Bandar Lampung, kabupaten Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Mesuji bahkan sampai ke perbatasan provinsi Sumatera Selatan. Perjalanan dilanjutkan lagi ke Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur, dan Lampung Selatan dan titik finish kembali ke kota Bandar Lampung tepatnya di lapangan PKOR Way Halim.

-

Rute yang dilalui para rider beragam. Mulai dari jalan beraspal, lumpur bahkan tebing berbatu. Salah satu rute ekstrim yang dilalui ada di wilayah kabupaten Lampung Barat yaitu melintasi perbukitan dengan tanjakan berbatu, dengan kemiringan 45 derajat jalur menuju danau Ranau. Rute ini pun dilahap habis oleh ketangguhan All New Honda BeAT.

Para rider merupakan pilihan dari masing masing wilayah perwakilan jaringan Honda yang dilalui. 2 (dua) diantara pengendara utamanya adalah duta keselamatan berkendara Honda yang merupakan konsumen Honda yang tergabung dalam komunitas Honda di Lampung, yang merupakan pemenang kontes regional keselamatan berkendara untuk komunitas Honda di Lampung.

Indra Sutra selaku salah satu Duta Safety Riding TDM mengungkapkan handling Honda BeAT luar biasa mantap.  Bahkan mampu melintasi pegunungan yang menanjak dengan sudut kemiringan + 45 derajat sepanjang 5 km dan jalur bebatuan.  Namun tetap bertenaga dan responsif.

“Kagum dengan ketangguhan Honda BeAT karena mampu menghadapi beragam kondisi jalan di segala cuaca dengan kondisi mesin tetap prima. Bahkan motor ini juga tetap nyaman digunakan menembus kemacetan ibukota,” tambah Yogie Septiyan, Duta Safety Riding TDM.

Tim Honda BeAT Super Power juga mengoptimalkan perjalanan ini dengan ikut mempromosikan tempat wisata di Lampung melalui media sosial yang dimiliki TDM beserta jaringannya. Para riders pun melewati lokasi wisata Lampung, mengambil peran dalam promosi Provinsi Lampung. Destinasi wisata yang dilalui antara lain, pantai tanjung Setia Krui, Taman Nasional Bukit Barisan Krui dan Liwa, Danau ranau Liwa, air taman wisata Way Kambas. Berfoto dengan latar belakang tempat wisata tersebut menjadi keunikan sendiri dalam perjalanan. Foto tersebut ditayangkan dalam media sosial TDM dan jaringannya serta semua pihak yang terlibat, agar masyarakat Lampung dan Indonesia mengetahui destinasi wisata tersebut.

Selain itu, Tim Honda BeAT Super Power mengadakan program kepedulian sosial, diantaranya peduli korban banjir di wilayah kecamatan Kali Balau, Bandar Lampung dengan membuka service gratis bagi korban banjir dan memberikan bantuan kepada fasilitas umum mushola yang biasanya dijadikan posko pengungsian. Di kegiatan lain, para rider juga melakukan kegiatan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu di wilayah dealer Salim Jaya Motor, Lampung Timur.

-

Model Terbaru
All New Honda BeAT eSP diluncurkan dengan dua model terbaru All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP. All New Honda BeAT eSP hadir dengan konsep desain sporti yang memiliki handle cover berlekuk tajam, sementara varian terbaru All New Honda BeAT POP eSP hadir dengan konsep desain yang stylish dan memiliki lekuk yang lebih halus.

Kedua model ini tetap mempertahankan ukuran bodi ramping yang cocok dan nyaman bagi masyarakat Indonesia. Kehadirannya mengusung beragam fitur unggulan yang semakin diperkaya dengan fitur skutik kelas atas. Model ini juga memiliki  konsumsi bahan bakarnya teririt di kelasnya, serta performa yang handal.

Generasi terbaru Honda BeAT tercatat memiliki performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Kedua model ini hadir lebih responsif dengan akselerasi mencapai 12,6 detik pada jarak 0-200m, serta lebih bertenaga dengan top speed mencapai 94 km/jam. All New Honda BeAT eSP series tetap mempertahankan posisinya sebagai motor skutik paling irit di kelasnya hingga mencapai 63km/liter atau 9% lebih baik dari Honda BeAT FI yang sudah menjadi teririt di kelasnya, melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40). Emisi yang dihasilkan telah memenuhi standar emisi EURO 3. (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com