Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New Soul GT, Jawaban Yamaha atas Kebutuhan Skutik Indonesia

Kompas.com - 14/04/2015, 17:20 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Saat pertama kali skuter matik (skutik) diluncurkan, ada beberapa kalangan meragukan masa depan sepeda motor tersebut. Mulai dari kesan "manja" karena transmisi kecepatannya otomatis, boros bahan bakar, mesin lekas panas, dan kurang bertenaga.

Anggapan itu dijawab PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan menghadirkan produk skutik berkualitas, salah satunya Mio. YIMM menjadikan kebutuhan konsumen sebagai tujuan inovasi motor matik mereka. Hingga pada awal 2015 ini muncul teknologi terbaru yang diklaim ramah lingkungan yakni, Blue Core.

General Manager Marketing PT YIMM, Hendry Wijaya, menjelaskan, teknologi ini merupakan teknologi yang memungkinkan konsumen mendapatkan kendaraan yang irit bahan bakar, bertenaga, tetapi tidak mudah panas karena sistem pendinginan yang baik.

"Teknologi ini kemudian kami turunkan pada motor Yamaha All New Soul GT 125, yang tidak sekadar irit, kencang, dan mesinnya tidak cepat panas. Tapi, lewat motor ini Yamaha ingin pengendara memiliki rasa bangga, bahagia, dan gagah saat mengendarai motor ini", katanya.


Roderick A. Moses/KompasOtomotif Etape ke-6 touring Yamaha Tour de Soul “125 Moments to Go”

Hal itu terbukti ketika KompasOtomotif berkesempatan terlibat dalam Touring de Soul Yamaha yang menempuh rute Jakarta hingga Denpasar. Dari pengamatan, All New Soul GT terbukti mampu melewati segala kontur jalan dan cuaca. Sistem pendinginan yang sempurna menjadikan motor ini mampu digeber selama 10 jam oleh peserta touring. Motor hanya beristirahat ketika peserta makan siang.

Awak redaksi sempat merasakan mengendarai All New Soul GT, di motor ini terdapat indikator Eco yang menunjukkan konsumsi bahan bakar yang tetap hemat pada kecepatan tertentu. Ketika digeber pada kecepatan 80 kpj indikator Eco tetap menyala, dan menunjukkan pada kecepatan tersebut konsumsi bahan bakar tetap irit.

Bertenaga dan stabil
 
Menggunakan mesin berkapasitas 125 cc menjadikan All New Soul GT memiliki tenaga yang besar ketika dipacu. Kecepatan yang besar ini pun diimbangi dengan kestabilan motor yang tinggi sehingga bisa tetap nyaman dikendarai.
 
Hendry Wijaya mengatakan bahwa konsep Blue Core bukan mengenai motor itu, tetapi bagaimana memenuhi kebutuhan konsumen dengan motor yang mereka inginkan, yaitu fun, irit, bertenaga, dan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com