Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha YZF-R3, Motor Sport yang Praktis

Kompas.com - 14/04/2015, 09:51 WIB
Tokyo, KompasOtomotif - Yamaha melengkapi daftar model R seriesnya dengan memperkenalkan R3 untuk pasar internasional. Model ini diproduksi di Indonesia, sayangnya tidak dijual di pasar nasional karena terlalu berdekatan dengan R25.

YZF-R3 rencananya akan dipasarkan di Jepang, beberapa negara Asia lainnya dan juga daratan Eropa. R3 mengisi slot yang sudah ada mulai dari R125 sampai dengan R6. Secara porsi mesin dan penampilan, R3 memang hampir sama dengan R25.

Seperti ditulis MCN, Selasa (14/4/2015), sepeda motor sport full fairing ini menghadirkan aura sporty yang kental tanpa meninggalkan sisi kepraktisan untuk dipakai sebagai kendaraan harian. Mesin silinder ganda 321 cc, melahirkan torsi besar sampai pada putaran 9.000 rpm.

Respon mesin dibuat lembut dan nyaman, tapi tetap cepat bila tuas gas dibejek untuk mendapatkan akselerasi. MCN menyebut, pada percobaan di trek lurus bisa mendapatkan kecepatan sampai 170 kpj.

Sasis R3 masih kental dengan rasa Yamaha dengan kelebihan di sektor handling hingga mudah diajak menikung. Posisi berkendara juga disebutkan tidak terlalu menunduk, untuk mengejar kenyamanan saat berkendara jarak jauh.

Panjang lengan ayun sama dengan R1, untuk menjaga steering geometry tetap konstan di semua konsisi berkendara. R3 sudah dilengkapi dengan pengereman ABS sebagai standar, dengan mengandalkan ban Michelin Pilot Streets.

Spesifikasi Yamaha YZF-R3

Mesin 321cc dua silinder
Daya 44,1 tk pada 10.750 rpm
Torsi 21.83 lb.ft  pada 9000rpm
Frame Tubular steel diamond
Bobot kering 169 kg
Kapasitas tanki 14 liter
Tinggi jok 780 mm

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com